HOME

Prosedur Perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling

Ditulis pada tanggal 15 April 2024

Prosedur perpanjangan SIM di SIM Keliling – Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah proses yang penting bagi pengemudi agar dapat terus menggunakan kendaraan dengan aman dan legal. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke Satpas, maka layanan SIM Keliling adalah solusi yang tepat. Layanan SIM Keliling memungkinkan Anda untuk memperpanjang SIM tanpa harus pergi ke Satpas, karena petugas SIM Keliling datang ke tempat yang telah ditentukan.

Prosedur Perpanjangan SIM di Layanan SIM Keliing

Prosedur Perpanjangan SIM di Layanan SIM Keliing

Berikut adalah langkah dan prosedur perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling:

Prosedur perpanjangan SIM di SIM Keliling

1. Cek jadwal SIM Keliling terdekat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek jadwal SIM Keliling terdekat dengan tempat tinggal Anda. Anda bisa mengecek jadwal tersebut melalui situs web resmi kepolisian atau melalui papan pengumuman di kantor kecamatan atau kelurahan.

Penting untuk diperhatikan!
Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

2. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Setelah mengetahui jadwal SIM Keliling yang tersedia, Anda perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk memperpanjang SIM, yaitu:

  • SIM asli yang akan diperpanjang
  • KTP asli dan fotokopi
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar

3. Datang ke lokasi SIM Keliling

Setelah menyiapkan dokumen yang diperlukan, langkah berikutnya adalah datang ke lokasi SIM Keliling sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pastikan Anda datang tepat waktu dan membawa semua dokumen yang diperlukan.

Baca juga :  Daftar Nomor Telp Polisi Yogyakarta

4. Pemeriksaan dokumen dan tes kesehatan

Setibanya di lokasi SIM Keliling, petugas akan melakukan pemeriksaan dokumen dan tes kesehatan. Pastikan Anda memperlihatkan semua dokumen yang diperlukan dan menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan tepat.

5. Pembayaran biaya perpanjangan SIM

Setelah dokumen dan tes kesehatan selesai, petugas SIM Keliling akan memberikan rincian biaya perpanjangan SIM. Lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh petugas.

6. Proses pencetakan SIM

Setelah pembayaran selesai, petugas akan memproses perpanjangan SIM Anda dan mencetak SIM baru. Pastikan Anda menunggu hingga proses pencetakan selesai dan memeriksa kembali data yang tertera di SIM baru tersebut.

7. Mengambil SIM baru

Setelah proses Prosedur Perpanjangan SIM kemudian proses pencetakan selesai, SIM baru akan diberikan kepada Anda. Pastikan Anda memeriksa kembali SIM baru tersebut dan memastikan tidak ada kesalahan atau kesalahan pengetikan. SIM baru tersebut siap digunakan untuk mengemudi.

Kesimpulan

Perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling dapat dilakukan dengan mudah dan efisien dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan, termasuk persiapan dokumen, pembayaran biaya, serta pemeriksaan kesehatan dan dokumen oleh petugas SIM Keliling.

Demikianlah langkah dan prosedur perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling. Pastikan Anda mengikuti semua prosedur dengan benar dan membawa semua dokumen yang diperlukan agar proses perpanjangan SIM dapat berjalan dengan lancar.

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada . Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!