HOME
Home » Artikel dan Panduan » Informasi » Cara dan Syarat Perpanjangan SIM 2020 serta Biayanya

Cara dan Syarat Perpanjangan SIM 2020 serta Biayanya

Tanggal 24 Mei 2020 | Kategori Artikel dan Panduan, Informasi

Cara dan Syarat Perpanjangan SIM 2020 serta Biayanya tentang jadwal terbaru perpanjangan SIM pada bulan Mei untuk wilayah Artikel dan Panduan, Informasi. Perhatian! hasil jadwal terlampir menggunakan data dari jadwal sebelumnya.

Syarat Perpanjangan SIM – SIM adalah kepanjangan dari surat izin mengemudi yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia yang mana kepemilikan SIM ini dapat dipergunakan untuk bukti kepada petugas polisi bahwa anda sudah memiliki izin dan mampu untuk mengendarai sebuah kendaraan bermotor dan juga sebagai informasi kepada orang lain bahwa anda juga telah dapat mengemudikan kendaraan baik motor atau mobil bahkan truk dan mengetahui peraturan berlalu lintas di jalan. SIM juga dapat difungsikan sebagai identitas pribadi alternatif dari Kartu Tanda Penduduk atau KTP jika anda lupa saat pergi ke luar dan dapat dipergunakan untuk penyelidikan, identifikasi forensik jika mungkin saja pada suatu waktu anda mengalami masalah di jalanan.

Seperti halnya KTP dahulu yang harus dilaporkan untuk diperpanjang setiap 5 tahun, SIM juga memiliki masa berlaku yang sama seperti KTP yang terdahulu yak ni masa berlaku SIM adalah 5 tahun. Baik SIM A, SIM B, SIM C dan SIM D semua memiliki masa berlaku yang sama yang artinya harus dilakukan perpanjangan SIM setiap 5 tahun sekali. Perpanjangan SIM tersebut adalah wajib dan jangan sampai habis expired date pada SIM anda atau anda akan mendapatkan masalah untuk membuat SIM baru.

Syarat Perpanjangan SIM 2020 dan Biayanya

Sebagai informasi bersama, mohon segera lakukan perpanjang SIM sebelum habis waktunya baik SIM A, SIM C, SIM B maupun SIM D. Cara perpanjangan SIM untuk masing-masing jenis SIM tidaklah ribet pada masa sekarang ini. Yang penting adalah segera lakukan perpanjangan SIM dan jangan sampai telat.

Pada artikel ini kami akan memberikan syarat perpanjangan SIM yang mana tidak lah ribet dan cenderung mudah untuk dipersiapkan. Jangan sampai SIM tersebut melewati masa perpanjangan. Jika hal itu sampai terjadi, maka Anda harus melakukan permohonan SIM baru karena untuk SIM yang terlambat diperpanjang, maka tidak dapat diperbaharui lagi. Intinya di sini adalah anda dimohon atau diminta untuk membuat SIM baru.

Daftar Syarat Perpanjangan SIM Terbaru 2020

Daftar Syarat Perpanjangan SIM Terbaru 2020

Proses melakukan sekaligus kelengkapan syarat perpanjangan SIM secara online saat ini dapat dilakukan dengan mudah sehingga tidak hanya untuk melakukan pembuatan SIM baru secara online saja. Dengan sebuah proses yang dapat dipangkas secara online, oleh karena itu nantinya Anda tidak perlu antri lama. Simpel saja proses dan cara perpanjangan SIM secara online sangat mempermudah masyarakat dan sebagai dampaknya tentu saja masyarakat atau warga menjadi lebih dimudahkan dan bersemangat untuk memperpanjang SIM mereka.

Syarat Perpanjangan SIM Tipe Apapun

Syarat Perpanjang SIM Tipe Apapun

Pada poin ini yang kami tulis syarat berlaku untuk perpanjangan SIM jenis apapun yakni meliputi perpanjangan SIM A, perpanjangan SIM B, perpanjangan SIM Cdan juga syarat untuk perpanjang SIM D.

  1. SIM asli yang akan diperpanjang masa berlakunya
  2. Fotokopi SIM sebanyak 2 lembar
  3. Fotokopi KTP juga 2 lembar
  4. Surat keterangan sehat dari dokter atau bisa juga Puskesmas
  5. Mengisi formulir perpanjangan SIM yang telah disediakan
  6. Ikuti tes psikologi dan pastikan lulus tes tersebut
  7. Melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak SIM di Bank BRI.

Biaya Perpanjang Semua Jenis SIM

Biaya Perpanjang Semua Jenis SIM

  • SIM C untuk motor sebesar Rp 75.000,-
  • SIM A, SIM BI, dan SIM BII untuk mobil sebesar Rp 80.000,-
  • SIM D sebesar Rp 30.000,-

Catatan : Rincian biaya perpanjangan SIM diatas sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya

Lokasi dan Tempat Untuk Perpanjangan SIM

Lokasi dan Tempat Untuk Perpanjangan SIM

  • SAMSAT terdekat di kota/ kabupaten
  • Mobil layanan SIM Keliling
  • Gerai SIM (biasanya berada di mall-mall)
  • Kantor satuan penyelenggara administrasi SIM atau SATPAS

Cara Perpanjangan SIM langsung ke Kantor Satpas

Cara Perpanjangan SIM langsung ke Kantor Satpas

  1. Pastikan sebelum ke kantor Satpas, Anda sudah membawa persyaratan yang telah kami tulis di atas yakni SIM dan KTP asli serta fotocopynya
  2. Datanglah ke kantor Satpas
  3. Jika sudah berada di kantor Satpas silahkan untuk bertanya kepada petugas jaga (polisi) atau tukang parkir dimana loket penerimaan dokumen perpanjangan SIM (jika anda belum mengetahuinya)
  4. Lalu Anda ke loket penerimaan dengan membawa dokumen yang digunakan untuk syarat perpanjangan SIM
  5. Kemudian dilanjut dengan menuju ke loket produksi yakni untuk melakukan identifikasi meliputi Sidik Jari, Foto, dan juga Tanda Tangan Anda.
  6. Setelah selesai proses identifikasi silahkan anda menunggu diluar di tempat duduk tunggu yang telah disediakan.
  7. Nantinya Anda tinggal tunggu proses pencetakan SIM Anda yang sudah diperpanjang waktunya sekitar 30 menit saja (jika Anda datang paling awal dan mendapatkan nomor antrian kecil).

Cara Perpanjang SIM Lewat SIM Online

Perpanjangan SIM Online

  1. Kunjungi situs website resmi SIM Online di sim.korlantas.polri.go.id untuk melakukan pendaftaran secara online
  2. Proses selanjutnya adalah proses pembayaran perpanjangan SIM Online yang dapat Anda lakukan melalui lewat ATM BRI ataupun Teller Bank BRI
  3. Selanjutnya silahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga jangan lupa sertakan surat sehat mata
  4. Kunjungi Satpas penyelenggara perpanjangan SIM Online. Lokasinya bisa dengan mengunjungi Satpas, Gerai ataupun SIM Keliling untuk melakukan pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan
  5. Terakhir Anda tinggal mengambil SIM yang sudah diperpanjang.

Syarat Perpanjangan SIM via SIM Online

Adapun beberapa syarat untuk melakukan perpanjangan SIM via SIM Keliling atau SIM Online adalah sebagai berikut, siapkan yaa.

  • SIM Asli yang masih berlaku
  • KTP dan fotokopi KTP sebanyak 2 lembar (biasanya cuma satu, untuk jaga-jaga)
  • Surat sehat dari puskesmas atau dokter atau dapat juga surat keterangan sehat dan surat keterangan sehat mata diperoleh di lokasi perpanjangan SIM Keliling atau jika anda di Polres anda dapat menuju ke loket cek fisik untuk mendapatkan surat keterangan sehat tersebut
  • JANGAN LUPA bawa bolpoin dari rumah

JANGAN TELAT Untuk Perpanjang SIM

Dalam kedua proses di atas yakni perpanjangan SIM secara Offline maupun online hanya terletak pada bagian registrasi pendaftaran dan pembayaran saja. Perbedaannya adalah apabila anda memilih untuk melakukan perpanjangan SIM secara online, maka Anda dapat memilih waktu kapan saja untuk melakukan tes kesehatan dan juga untuk verifikasi identitas yakni foto, sidik jari dan menuliskan tanda tangan Anda. Dan juga anda bebas untuk memilih dimana tempat untuk proses selanjutnya, apakah itu di Satpas atau Gerai SIM untuk pengambilan SIM yang telah diperpanjang. Demikian sebenarnya perbedaan perpanjang SIM langsung ke SIM Online dan via Satpas.

pembuatan dan perpanjangan sim A sim B sim C sim D sudah jadi

Demikian informasi tentang daftar syarat perpanjangan SIM A, SIM B, SIM C dan juga SIM D. Bagaimana cukup mudah bukan proses perpanjang SIM. Semoga informasi dalam artikel ini benar-benar dapat memberikan gambaran mengenai mudahnya melakukan perpanjangan SIM dan dengan ini Anda juga mengetahui besaran biaya perpenjangan SIM A, SIM B, SIM C dan juga SIM D.

Daftar Pertanyaan yang sering Muncul

Update tanya jawab tentang cara dan syarat perpanjang SIM akan kami masukan pada sub topik bagian ini.

Sering dicari:

dimana lihat jadwal sim keliling, tanya jawab perpanjang sim saat corona
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk jadwal terkini, silahkan lakukan cek secara berkala pada halaman utama website ini. Informasi ini akan diupdate kembali besok pada hari Selasa, 26 Mei 2020.