HOME

Jadwal SIM Keliling Pematangsiantar Hari Ini

Ditulis pada tanggal 7 December 2021

Lokasi dan Jadwal SIM Keliling Pematangsiantar Desember 2021 – Tiap pengendara motor harus lakukan perpanjangan masa aktif Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai wujud ketaatan pada pemerintahan. Untuk masyarakat Pematangsiantar sekarang dapat secara mudah mengurusi perpanjang SIM lewat SIM Keliling Pematangsiantar, Baca agenda dan lokasi-nya berikut ini.

Lokasi SIM Keliling Pemantang Siantar

SIM Keliling Pematangsiantar Terbaru

Layanan SIM Keliling Pematangsiantar Desember 2021

SIM mempunyai masa aktif lima tahun, seperti yang tertera dalam Ketentuan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012. Adapun untuk periode lewat waktu dari SIM bergantung dari tanggal percetakan. Oleh karenanya, pemilik SIM harus mengurusi perpanjangan SIM saat sebelum masa berlakunya habis.

Jadwal dan Lokasi SIM keliling Pematangsiantar Hari Ini

Layanan mobil SIM keliling saat ini dibuka kembali untuk memudahkan masyarakat, untuk mengurusi perpanjangan masa aktif SIM, baik itu SIM A atau SIM C. Berikut jadwal dan lokasi SIM Keliling Pematangsiantar :

Penting untuk diperhatikan!
Artikel pada jadwal SIM Keliling wilayah Pematangsiantar, Sumatra Utara bisa saja terjadi perbedaan antara website dan di lapangan. Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi (selama pandemi covid-19). Apabila jadwal terbaru tidak tersedia, data akan mengambil dari jadwal sebelumnya.

Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

  • Senin, Berlokasi di Kelurahan Simarito, Jam 08.00-14.00 WIB
  • Selasa, Berlokasi di Kelurahan Sukamaju, Jam 08.00-14.00 WIB
  • Rabu, Berlokasi di Kelurahan Simarimbun, Jam 08.00-14.00 WIB
  • Kamis, Berlokasi di Kelurahan Nagapitu, Jam 08.00-14.00 WIB
  • Jumat, Berlokasi di Kelurahan Maritimbang, Jam 08.00-11.00 WIB
  • Sabtu, Berlokasi di Kelurahan Kahean, Jam 08.00-14.00 WIB
  • Minggu, Libur

Untuk jadwal di atas bisa berbeda setiap saat tanpa pemberitahuan lebih dulu.

Persyaratan Perpanjang SIM

Untuk ajukan perpanjangan SIM, karenanya pemilik SIM diharap penuhi syarat perpanjang SIM dengan lengkapi beberapa dokumen yang sudah ditetapkan. Sat Lantas Polres Pematangsiantar menerangkan beberapa persyaratan perpanjang SIM di SIM Keliling, yaitu seperti berikut :

  • Perpanjangan SIM berharap dilaksanakan saat sebelum masa aktif usai atau periode lewat waktu datang
  • Pemilik SIM harus isi formulir permintaan SIM
  • Menyertakan SIM lama yang akan diperpanjang dan dua helai foto copy
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli di tempat yang berlaku dan dua helai foto copy
  • Menyertakan Surat Info Sehat dari dokter
  • Pemilik SIM menyertakan pas-foto ukuran 3×4 yang terkini
Baca juga :  Mengecek Data Pemilik Plat Nomor Kendaraan

Dalam pada itu, untuk ongkos perpanjangan SIM tetap berlaku sama sesuai PP Nomor 60 Tahun 2021 mengenai Akseptasi Negara Bukan Pajak. Yaitu sejumlah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C. Ongkos administrasi itu belum juga terhitung ongkos asuransi dan test kesehatan.

Tahapan Perpanjang SIM Di SIM Keliling Pematangsiantar

Sekarang ini proses perpanjangan SIM dapat dilaksanakan lewat cara online dan off-line. Adapun untuk masyarakat Pematangsiantar yang akan lakukan perpanjangan SIM secara off-line atau manual, karena itu berikut proses yang perlu dituruti :

  1. Langkah awal ialah mempersiapkan document berbentuk KTP asli dan fotocpy, periode tenggang SIM asli, Surat Info Sehat dari dokter atau puskesmas paling dekat sebagai syarat perpanjang SIM
  2. Bila syarat telah komplet karena itu langsung tiba ke Satpas untuk lakukan registrasi di loket formulir
  3. Selanjutnya diteruskan ke arah loket kesehatan untuk lakukan cek kesehatan, yakni test buta warna dan tekanan darah
  4. Seterusnya, mengumpulkan hasil test kesehatan, foto copy KTP dan SIM asli yang akan di perpanjang di ruangan info dan registrasi pemohon SIM
  5. Nantikan sesaat sampai petugas memberi map putih yang berisi formulir biru dan kartu asuransi
  6. Selanjutnya pemilik SIM minta formulir pengajuan perpanjangan SIM di loket registrasi
  7. Kemudian, isikan formulir itu dengan sebenar-benarnya
  8. Selanjutnya petugas akan panggil pemohon SIM untuk lakukan rekam photo, tanda tangan dan sidik jemari di ruang tertentu
  9. Paling akhir, nantikan proses perpanjangan SIM sampai usai dan bisa langsung diambil sesudah petugas memberinya

Alamat dan Jam Buka Kantor Satpas

Buat anda yang ingin mengurusi perpanjangan masa aktif SIM dan tidak sempat bertandang ke lokasi SIM keliling di Pematangsiantar, karena itu langsung bisa tiba ke kantor Satpas yang beralamatkan di Jl. Sutomo No.209, Simalungun, Kec. Siantar Sel., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21145.

Baca juga :  Mengecek Data Pemilik Plat Nomor Kendaraan

Sebagai wujud usaha tingkatkan kualitas pelayanan ke warga dalam soal pelayanan perpanjangan SIM keliling, Satpas Polres Pematang Siantar terima kritikan dan anjuran dari masyarakat untuk terbentuknya pelayanan yang optimal. Demikian info SIM keliling Pematangsiantar, mudah-mudahan berguna.

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada 8 December 2021. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!