HOME

Skema Rekayasa Lalu Lintas Lebaran 2024 di Purworejo

Ditulis pada tanggal 15 April 2024

Pemetaan Skema Rekayasa Lalu Lintas Purworejo – Nggak terasa, Lebaran 2024 tinggal menghitung bulan. Kali ini, Satlantas Polres Purworejo berinisiatif memetakan skema rekayasa lalu lintas untuk mengurai potensi kepadatan arus kendaraan. Kebijakan ini berfokus pada dua jalur mudik utama di Kabupaten Purworejo khususnya Jalan Nasional 3 dan Jalan Daendles (jalur pantai selatan).

Skema Rekayasa Lalu Lintas Purworejo

Skema Rekayasa Lalu Lintas Purworejo

Kenapa polisi mesti merekayasa lalu lintas? Sebab, mudik tetap menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian pemudik dan sebagian warga sekitar. Oleh karena itu, KBO Satlantas Polres Purworejo Iptu Muslim Hidayat dengan giat meninjau kesiapan jalur mudik. Apa saja hasil tinjauannya? Mari kita lihat hasil pantauannya dari beberapa bulletpoin berikut:

  • Kondisi jalur yang dilalui jalur tengah (Jalan Nasional 3) dan jalur Pansela (Jalan Daendles) siap 100 persen oleh pemudik. Tidak ada perbaikan, penambalan, maupun pengaspalan yang sedang berlangsung di jalur tersebut.
  • Dinas Perhubungan (Dishub) sebelumnya telah memperbarui 30 tiang lampu jalan di jalur pantai selatan atau Pansela. Rencananya, selama Lebaran 2024 mulai dari balai desa Dadirejo sampai jembatan Bogowonto bakal ada 40 tambahan penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Nasional 3.
  • PJU sangat membantu saat melewati jalur tengah (Jalan Nasional 3) maupun jalur Pansela (Jalan Daendles) terutama saat melewati jalur pantai yang berbahaya saat malam hari.
  • Kepadatan arus kendaraan selama mudik di Kabupaten Purworejo diperkirakan tidak akan ditemui terutama di jalan-jalan yang diperlebar pada tahun lalu. Meski begitu, Polisi akan siaga apabila terjadi antrean kendaraan yang mengganggu. Salah satunya dengan menerapkan skema pengalihan arus.
  • Terdapat rencana untuk menggelar Operasi Ketupat Candi 2024 sebagai upaya pengamanan dan pencegahan terjadinya kepadatan lalu lintas selama arus mudik. Polisi akan membuka sejumlah Pos Pengamanan (Pos Pam) di beberapa titik di Kabupaten Purworejo. Polisi, Dinas Perhubungan, dan warga akan bergandengan tangan melancarkan arus mudik, protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat.
  • Pemudik-pemudik dihimbau untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam mengoperasikan kendaraannya, terutama di jalur pantai selatan atau Pansela. Jalan tersebut rawan kecelakaan dan pemudik mestilah selalu waspada saat melewatinya. Jangan ngebut! Jangan lupa kalau capek, berhentilah di rest area yang sudah disediakan.
Baca juga :  Daftar Nomor Telp Polisi Yogyakarta

Itulah gambaran situasi rekayasa lalu lintas (Skema Rekayasa Lalu Lintas Purworejo) yang diterapkan oleh Satlantas Polres Purworejo. Mari kita mematuhi aturan yang ditetapkan selama Lebaran nanti agar terciptanya arus lalu lintas yang aman dan tertib.

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada . Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!