HOME
Home » Artikel dan Panduan » Cara Nembak SIM C & A : Syarat dan Biayanya 2021

Cara Nembak SIM C & A : Syarat dan Biayanya 2021

Ditulis pada tanggal 16 September 2021

Cara nembak SIM C 2021 – Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah entitas wajib bagi seluruh pengguna kendaraan bermotor baik itu roda dua atau roda empat, bahkan saat ini ada roda tiga. Dengan demikian wajib hukumnya untuk pengendara memiliki SIM C jika ia adalah pengendara roda 2 dan SIM A jika dia pengendara roda 4. Bagi yang belum memiliki SIM bisa membuatnya di kantor Samsat.

Cara dan Syarat Nembak SIM C

Nah, kali ini mimin akan bagikan tips tentang bagaimana cara nembak SIM C dan juga SIM A. Proses mengurusnya bahkan lebih cepat dari membuat SIM secara umum dan sangat mudah.

Dengan nembak untuk bikin SIM C melalui prosedur ini, tentu saja akan memangkas berbagai proses yang secara umum diterapkan. Tidak akan menemui tes fisik dan tidak perlu lulus tes tertulis juga. Dengan kata lain semua tahapan tes untuk mendapatkan SIM secara umum tidak berlaku.

Anda tidak perlu mengikuti ujian praktek mengendarai kendaraan yang beebelok-belok tidak jelas dan tidak perlu mengikuti dan mencari info tentang cara lulus soal ujian tes teori membuat SIM.

Penting untuk diperhatikan!
Artikel pada jadwal SIM Keliling wilayah Artikel dan Panduan bisa saja terjadi perbedaan antara website dan di lapangan. Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi (khususnya selama PPKM dan pandemi covid-19). Apabila jadwal terbaru tidak tersedia, data akan mengambil dari jadwal layanan sebelumnya.

Untuk menghindari missleading informasi, bagi calon pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu baik secara pribadi atau langsung ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selengkapnya, wajib untuk memahami & menyetujui Disclaimer dan TOS sebelum melanjutkan.

Untuk mengurus pembuatan SIM secara tembak tentunya ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dan paling utama adalah terkait biayanya. Jika anda membuat SIM secara umum offline di kantor Samsat setempat biasanya akan dikenai biaya bikin SIM Rp 75.000 untuk SIM C atau Rp 80.000 untuk SIM A (diluar ongkos tes kesehatan dan tes psikologi). Harga yang harus dikeluarkan cukup mahal yakni bisa 5x lipat dari biaya membuat SIM secara umum / standar.

Sebelum berbicara mengenai biaya bikin SIM A dan SIM C nembak  yuk kita ketahui dulu syarat-syaratnya.

Syarat Nembak SIM Beserta Cara dan Biaya

Berkas syarat bikin SIM Nembak

Apa saja sih persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum nembak SIM, berikut akan kami jelaskan syarat bikin sim dengan metode nembak baik itu SIM C maupun SIM A.

Sebelumnya perlu diingat bahwa biaya dan harga membuat SIM nembak ini hampir mirip dengan SIM masal, namun lebih mahal sedikit dan tanpa tes.

Syarat Nembak SIM C

Persyaratan ini adalah bagian dan hal penting yang harus anda bawa saat menuju ke lokasi birojasa pembuatan SIM secara nembak. Bisa dikatakan ini sebenarnya adalah jalan pintas karena dengan metode ini anda tidak perlu lulus tahapan seleksi secara teori maupun praktek. Berikut syarat-syarat nembak SIM C :

  1. Fotokopi e-KTP asli
  2. Uang minimal 5x – 7x lipat dari tarif pembuatan SIM secara umum
  3. HP untuk menghubungi biro jasa layanan pembuatan SIM non-tes

Dengan langkah yang kita pakai ini, nantinya syarat nembak SIM C anda tidak perlu menyiapkan surat keterangan sehat dari dokter, tidak perlu melampirkan bukti lulus dan lolos tes psikologi dan pengisian formulir pendaftaran akan dibantu oleh penyedia jasa Tembak SIM.

Baca juga :  Jadwal Jam Kerja Kantor Pos Indonesia

Syarat Nembak Bikin SIM A

Masih sama dengan persyaratan yang tertulis di pengurusan SIM C di atas dan tanpa ada perbedaannya.

Biaya Nembak SIM C Buat Baru

Biaya membuat SIM di SIM Corner

Nah berapa sih biaya yang dimaksud 5x – 7x lipat dari tarif umum? Secara umum tarif yang dipakai adalah sesuai dengan undang-undang yang berlaku yakni 75000 rupiah dan 80000 rupiah untuk SIM C dan SIM A. Dan masih ada tambahan untuk biaya tes psikologi dan biaya tes kesehatan, detailnya sebagai berikut :

Biaya Membuat SIM C dan SIM A (versi tes umum)

  • SIM C Rp. 75.000,-
  • SIM A Rp. 80.000,-

Biaya Tes Kesehatan dari Dokter

Jasa cek kesehatan hingga dokter mengeluarkan hasil layak mengikuti ujian SIM berkisar 25 ribu rupiah.

Biaya Tes Psikologi Membuat SIM

Sedangkan biaya untuk mengikuti dan mendapatkan bukti lolos tes psikologi adalah sekitar 50 ribu rupiah.

Dengan mengacu pada 3 poin biaya bikin sim secara umum dan legal di atas, dapat disimpulkan biaya keseluruhannya adalah sekitar 550 – 750ribu rupiah.

Biaya Buat Baru SIM A Nembak

Mengutip dari data sebelumnya bahwa untuk biaya SIM A permohonan pendaftaran baru juga masih sama dan mirip, hanya saja ada sesikit perbedaan yang sejumlah 5000 rupiah itu, namun secara keseluruhan sama. Yakni sekitar 600 ribu sampai dengan 750 ribu.

Cara Nembak SIM C dan SIM A

Cara dan Syarat Bikin SIM C

Setelah mempersiapkan semua syarat dan berkas sesuai dengan seluruh ketentuan di atas, sekarang anda dapat mengurus pembuatan SIM dengan metode Nembak ini. Selanjutnya ikuti langkah-langkah dan prosedur yang harus anda lalui untuk Nembak SIM C berikut ini :

  1. Kunjungi kantor pelayanan pembuatan SIM C dan cari jasa calo tembak SIM di lokasi tersebut. Anda bisa tanya ke konter fotokopi biasanya ada infonya. Namun jika anda sudah dengar dan tahu birojasa SIM calo sendiri anda bisa langsung menghubunginya.
  2. Serahkan Fotokopi KTP dan berkas syarat lainnya kepada petugas yang barusan anda temui
  3. Tanya dan konfirmasi dahulu kepada calo SIM C memgenai biaya untuk membuat SIM C nembak.
  4. Serahkan biaya yang telah dikonfirmasi untuk memgurus proses nembak SIM
  5. Jika sudah, petugas akan langsung mengurus pendaftaran dan menyerahkan fotokopi KTP dan berkas pendaftaran lainnya ke petugas asli yang terkait dengan jasa nembak SIM.
  6. Biasanya akan diproses dihari H+1 karena calo SIM juga perlu untuk mengambil antrian untuk anda. Karena jika dihari yang sama tentu saja antrian sudah penuh, kecuali tersedia slot khusus dan spesial.
  7. Dihari selanjutnya H+1 atau sesuai dengan perjanjian anda dan calo SIM C, silahkan kunjungi kantor atau SIM Corner atau SIM Keliling perpanjangan SIM C (biasanya lokasinya tidak jauh dari kantro Samsat).
  8. Disana kalian akan diminta yang sebelumnya sudah dikomunikasikan dengan calo SIM untuk ikut mengantri seperti layaknya membuat SIM secara umum yang tentunya anda telah men skip proses tes kesehatan dan tes praktek.
  9. Kemudian anda akan dipanggil sesuai dengan nama anda untuk melaksanakan sesi pengambilan foto
  10. Sebelum itu anda akan diminta untuk tanda tangan dan rekam sidik jari sebelum melakukan sesi pemotretan.
  11. Kemudian lakukan pengambilan foto pada ruangan yang tersedia.
  12. Setelah proses pengambilan foto, kalian diminta pergi ke ruang pengambilan SIM C yang sudah jadi.
  13. Tunggu hingga tiba giliran.
  14. Terakhir, petugas akan memberikan SIM C pada kalian.
  15. Selesai.
Baca juga :  6 Persyaratan Pembuatan SIM C 2021

Apakah Nembak SIM itu SAH

Tidak mengherankan jika banyak orang berbodong-bondong datang dan melakukan permohonan pembuatan SIM secara Nembak, karena memang mudah dan singkat.

Cara yang dilakukan dengan Nembak lewat calo SIM atau oknum petugas SIM tetap SAH dan aman untuk digunakan.

Bagaimana dengan perpanjangannya?

Perpanjangan SIM dilakukan setiap 5 tahun sekali dan bisa dilakukan di pelayanan kantor samsat, sim corner maupun SIM keliling.

Lalu bagaimana jika SIM yang didapatkan sebelumnya melalui metode nembak?

Jawabannya adalah SIM nembak tetap bisa diperpanjang, karena saat pembuatan awal anda tetap mengikuti prosedur yang berlaku namun di skip saja atau bypass.

Jadi kartu SIM tetap resmi dan bertanda cap SAH dan asli langsung dicetak dari alat pembuat SIM di layanan peemohonan pembuatan SIM.

Jasa Nembak SIM C dan A (calo SIM)

Mengurus permohonan pembuatan SIM secara singkat memang sangat mudah sekali dilakukan, karena memang semuanya terkait dengan uang dan biaya untuk mempercepat hal itu.

Dimana saja anda bisa mencari jasa calo SIM untuk Nembak SIM A maupun SIM C, berikut ini adalah daftar jasa calo bikin SIM nembak sesuai kota yang telah kami lansir dari beberapa sumber website lain.

  • Yogyakarta
  • Bandung
  • Jakarta
  • Bogor
  • Depok
  • Tangerang
  • Bekasi
  • Surabaya
  • Malang
  • Surakarta (Solo)
  • Gresik
  • Kebumen
  • Pemalang

Informasi nomor telepon HP jasa calo SIM yang dapat anda hubungi akan kami update secara berkala pada halaman ini.

Keuntungan Memakai Jasa Nembak SIM

Ada banyak keuntungan yang dapat kita simpulkan diantaranya adalah :

  • Mudah dan cepat
  • Tidak perlu antri,  tentu cocok pada kondisi seperti pandemi covid-19 saat ini
  • Tidak perlu tes kesehatan
  • Tidak perlu mengikuti dan lolos tes psikologi
  • Bisa skip ujian teori dan tidak perlu mengikuti ujian praktek
  • Bisa diwakilkan (khusus untuk proses penyerahan berkas saja), sesi foto tidak dapat diwakilkan

Dari semua keuntungan diatas tentu ada kekurangannya, salah satunya yakni biayanya yang relatif mahal.

Tenang saja, cara dan prosedur yang telah kami paparkan diatas adalah cara semi-semi, TAPI SIM nya tetap resmi kok, karena data memang diinput secara prosedur resmi juga. Jadi SIM aman dan resmi untuk digunakan saat anda berkendara.

Kesimpulan

Apa syarat membuat SIM C atau SIM A via Jalur Nembak?

Fotokopi KTP, Biaya pembuatan SIM dan siap datang saat sesi foto

Bagaimana cara mudah dan cepat nembak SIM?

Temui calo SIM, siapkan sejumlah uang minimal 5x lipat dari harga umum, lalu serahkan berkas sebagai syarat bikin SIM

Apakah Pembuatan SIM Nembak bisa diwakilkan?

Tidak, karena ada sesi langsung pengambilan foto diri, tanda tangan dan pengambilan sampel sidik jari.

Berapa biaya Pembuatan SIM C atau SIM A jalur Nembak?

Antara 550 sampai dengan 750 ribu rupiah. Jasa pembuatan SIM baik A atau C di masing-masing daerah bisa saja berbeda-beda tarifnya.

Gimana, mudah bukan. Demikian cara nembak sim C dan syarat bikin SIM C via jalur nembak. Semoga berguna dan bermanfaat khususnya untuk kaum rebahan yang memiliki banyak uang dan merasa repot kalau harus mengukuti prosedur secara umum.

Jadwal terkait :

Berapa biaya perpanjangan sim c nembak september 2021, sim c

Silahkan untuk mengecek data update secara berkala, karena jadwal sim keliling dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya akan kami update pada hari Jumat, 17 September 2021. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, silahkan anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
Pengembang Berpengalaman dengan riwayat kerja yang terbukti bekerja di industri teknologi dan layanan informasi publik