HOME

Dari Pemula hingga Ahli Lalu Lintas: Menapaki Perjalananmu dengan SIM!

Ditulis pada tanggal 10 Juli 2024

Asik, mau tahu nih tentang SIM (Surat Izin Mengemudi)! Nah, SIM tuh kayak kartu identitas yang dikeluarkan sama Polri buat orang yang udah memenuhi persyaratan administrasi, sehat badan dan pikiran, paham aturan lalu lintas, dan jago nyetir kendaraan motor.

Ada beberapa golongan SIM yang bisa kita dapetin, nih. Pertama, ada SIM Golongan A. Nah, SIM ini buat kendaraan roda empat yang beratnya nggak lebih dari 3.500 kilogram. Maksudnya, mobil biasa gitu, yang dipake buat keluarga atau buat jalan-jalan sama temen-temen.

Trus, ada juga SIM Golongan A Khusus. SIM ini khusus buat kendaraan roda tiga yang bentuknya kayak mobil (tau kan yang namanya “Kajen VI”?). Nah, kalo mobil roda tiga ini dipake buat angkutan orang atau barang, bukan buat sepeda motor dengan kereta samping ya!

Terus, ada SIM Golongan B1. Nah, SIM ini buat kendaraan bermotor yang beratnya boleh lebih dari 1.000 kilogram. Kalo misalnya kamu mau nyetir truk ringan atau van, ini SIM yang kamu butuhin.

Selanjutnya, ada SIM Golongan B2. Nah, SIM ini buat kendaraan yang bisa narik kereta, tapi beratnya juga boleh lebih dari 1.000 kilogram. Misalnya kamu mau jadi sopir truk gandeng, ini SIM yang harus kamu dapetin.

Penting untuk diperhatikan!
Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

Lalu, ada SIM Golongan C. Nah, SIM ini buat kendaraan roda dua yang bisa jalan lebih cepat dari 40 kilometer per jam. Kalo kamu pengen nyetir motor yang kencang, ini SIM yang kamu perlukan.

Terakhir, ada SIM Golongan D. Nah, ini SIM khusus buat pengemudi yang punya disabilitas atau berkebutuhan khusus. Jadi, orang-orang dengan kondisi khusus juga bisa menikmati kebebasan berlalu lintas, kan?

Baca juga :  Panduan Lengkap Cara Membuat SIM Internasional

Nah, buat dapetin SIM ini, ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi, nih. Pertama, kita harus ngajukan permohonan secara tertulis. Trus, kita juga harus bisa baca tulis, dong! Iya, kita harus bisa baca peraturan lalu lintas dan dasar-dasar teknik kendaraan bermotor.

Nah untuk mengetahui Jadwal untuk mengurus SIM Keliling Metro Depok, berikut ini datanya :

Jadwal SIM Keliling Metro Depok

Jadwal SIM Keliling Metro Depok

Selain itu, ada batasan usia juga, loh! Kalo mau dapet SIM Golongan C, kita harus udah berumur 16 tahun. Buat SIM Golongan A, minimal kita harus berumur 17 tahun. Sedangkan buat SIM Golongan BI atau BII, usianya harus udah 20 tahun.

Yang nggak kalah penting, kita juga harus terampil dalam mengemudikan kendaraan bermotor. Kondisi badan dan pikiran yang sehat juga harus kita jaga. Terakhir, kita harus lulus ujian teori dan praktek biar bisa dapetin SIM yang kita mau.

Oiya, buat dapetin SIM ini, ada biayanya juga, dong! Biaya penerbitan SIM bervariasi, tergantung golongan SIM-nya. Jadi, kalo buat bikin SIM A baru, harganya sekitar Rp 120.000. Kalo mau perpanjang SIM A, harganya sekitar Rp 80.000.

Trus, buat SIM B1 dan B2, harganya sama, yakni sekitar Rp 120.000 buat yang baru dan Rp 80.000 buat perpanjangan. Buat SIM C, harganya lebih murah, sekitar Rp 100.000 buat yang baru dan Rp 75.000 buat perpanjangan.

Kalo buat SIM D yang khusus buat penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus, harganya lebih terjangkau. Buat yang baru, harganya sekitar Rp 50.000, dan buat perpanjangan, harganya sekitar Rp 30.000.

Terakhir, ada juga SIM Internasional. Nah, buat bikin SIM Internasional baru, harganya sekitar Rp 250.000. Kalo mau perpanjang SIM Internasional, harganya sekitar Rp 225.000.

Baca juga :  Cara Ubah Data Alamat Domisili di SIM

Jadi, gitu, nih, ceritanya tentang SIM. Jadi, kalo kamu udah memenuhi persyaratan dan udah siap menghadapi ujian, yuk, dapetin SIM kamu sekarang juga! Ingat, jaga keselamatan dalam berkendara dan patuhi aturan lalu lintas, ya!

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada 25 Juli 2024. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
Tags :
error: Alert: Content is protected !!