HOME

Cara Membuat SKCK Online 2021 Lengkap

Ditulis pada tanggal 25 October 2021

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau sering disebut SKCK adalah suatu dokumen resmi yang menerangkan tentang ada atau tidaknya tindakan pidana yang kita lakukan. SKCK ini mempunyai banyak fungsi baik untuk melamar pekerjaan, melanjutkan study, pencalonan pejabat publik, izin tinggal di luar negeri dan lain sebagainya. Sebelumnya, proses pembuatan SKCK hanya dapat dilakukan di kantor Kantor Kepolisian Resort (POLRES), sekarang proses pembuatan SKCK online dapat dilakukan secara online melalui situs skck.polri.go.id

Syarat untuk membuat SKCK Online

Untuk Warga Negara Republik Indonesia adalah sebagai berikut :

persyaratan dan cara membuat skck online

Bagi Warga Negara Asing atau WNA adalah sebagai berikut :

Penting untuk diperhatikan!
Artikel pada jadwal SIM Keliling wilayah Artikel dan Panduan bisa saja terjadi perbedaan antara website dan di lapangan. Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi (khususnya selama PPKM dan pandemi covid-19). Apabila jadwal terbaru tidak tersedia, data akan mengambil dari jadwal layanan sebelumnya.

Untuk menghindari missleading informasi, bagi calon pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu baik secara pribadi atau langsung ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selengkapnya, wajib untuk memahami & menyetujui Disclaimer dan TOS sebelum melanjutkan.

Cara membuat SKCK Online

SKCK dapat dibuat dengan dua metode yaitu secara langsung datang ke Kantor Kepolisian Resor setempat atau dengan cara pendaftaran online.

Cara pembuatan SKCK secara Online sebagai berikut

  1. Masuk pada laman skck.polri.go.id
  2. Klik form. Pendaftaran SKCK Online
  3. Isi formulir SKCK Online yang diberikan yang meliputi satwil, data pribadi, hub. Keluarga, pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, lampiran dan keterangan
  4. Unggah dokumen yang diperlukan
  5. Lampirkan rumus sidik jari
  6. Setelah selesai maka akan mendapatkan tanda bukti pendaftaran dan nomor yang digunakan untuk biaya SKCK Online baik tunai melalui loket pembayaran dikantor polisi atau lewat Bank BRI
  7. Cetak tanda bukti pembayaran
  8. Mengambil SKCK dikantor polisi yang sudah dipilih pada form. pendaftaran
Baca juga :  Cara Nembak SIM C & A : Syarat dan Biayanya 2021

Apakah permohonan SKCK perlu surat pengantar?

Tentu saja, dalam proses penerbitan SKCK kita harus mempersiapkan persyaratannya juga yakni memerlukan surat pengantar yang dapat kita peroleh di kantor kelurahan setempat. Tidak susah kok, tinggal datang saja ke Kantor kelurahan setempat dan jika kebingungan silahkan bertanya kepada petugas yang berjaga.

Apakah pembuatan SKCK bisa diwakilkan?

Jawaban untuk Membuat SKCK Online adalah BISA. Teruntuk kalian yang ingin membuat atau memperpanjang masa berlaku SKCK semuanya dapat diwakilkan, namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lalu bagaimana cara mewakilkannya?

Biasanya untuk membuat SKCK kita harus membuat di Kantor Kepolisian baik POLSEK maupun POLRES sesuai dengan alamat yang tertera dalam KTP. Namun bagaimana jika kita sedang bekerja diluar kota, atau tinggal di luar kota?

Contoh :

Jadwal Mobil SKCK Keliling Online 2021

Kita tinggal di Jogja, sementara alamat domisili kita ada di Banjarmasin. Ketika akan membuat SKCK pastikan dulu ada saudara atau keluarga yang mau direpotin untuk mengurus SKCK kita di Banjarmasin.

Selanjutnya kita pergi ke POLRES atau POLDA yang ada di Jogja untuk membuat kartu rumus sidik jari dengan syarat sebagai berikut :

Bawa semua syarat tersebut ke POLRES atau POLDA, tenang saja untuk membuat kartu rumus sidik jari ini tidak dipungut biaya.

Setelah kita mendapat kartu sidik jari, tinggal kirimkan kartu sidik jari beserta semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan SKCK (yang ada di atas) beserta surat kuasa dari kita bermatrai 6000 dan SKCK dapat diterbitkan.

Biaya pembuatan SKCK

Biaya Pembuatan SKCK yang resmi adalah Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah)

Baca juga :  Syarat dan Cara Membuat KIA Atau KTP Anak Online

Dengan berdasarkan pada :

  1. UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP)
  2. UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
  3. PP RI No. 50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi POLRI
  4. Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Oktober 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No. 50 Tahun 2010

Lokasi pembuatan SKCK Online

Membuat SKCK Online dapat dilakukan dimana saja, hanya untuk menggambil lembar cetak harus datang ke POLSEK atau POLRES yang dituju sesuai dengan yang kita pilih pada form pembuatan SKCK Online.

Penerbitan di Mobil SKCK Keliling

skck keliling polresta denpasar

Untuk penerbitan dan permohonan SKCK di pelayanan SKCK Keliling, jam buka SKCK Keliling mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB / WITA. Dari hari senin – jumat, kecuali haris sabtu dan hari libur. Lokasinya bisa berbeda setiap harinya tergantung dari kebijakan polres akan berada dimana layanan SKCK Keliling di adakan.

Cara memperpanjang masa berlaku SKCK

Seperti yang kita tahu bahwa masa berlaku SKCK adalah 6 bulan, maka jika lebih dari 6 bulan maka kita harus memperpanjang masa berlaku surat tersebut dengan cara sebagai berikut :

Demikian yang dapat kami tampilkan untuk tips dan langkah dalam proses pembuatan SKCK online (Membuat SKCK Online). Bagi anda yang mengalami kendala dan masih bingung bisa tulis di kolom komentar / kontak kami via halaman kontak.

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada 27 October 2021. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!