HOME

Jadwal SIM Keliling Majalengka Hari Ini

Ditulis pada tanggal 7 December 2021

Jadwal serta lokasi SIM Keliling Majalengka Desember 2021 – Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah kartu penting yang dijadikan sebagai bukti bahwa seseorang telah memiliki izin untuk  mengemudi kendaraan bermotor. Bagi warga Majalengka, kini tak perlu bingung untuk mengurus perpanjangan SIM karena Mobil Satpas Polres Majalengka telah beroperasi kembali.

Operasional pelayanan Perpanjangan SIM A & C Polres Majalengka

Layanan SIM Keliling Majalengka Desember 2021

Bagi warga masyarakat kota Majalengka, hadirnya layanan SIM keliling memberi kemudahan bagi mereka yang tidak sempat mengurus perpanjangan masa berlaku SIM ke Satpas. Layanan SIM keliling diselenggarakan selama tahun 2021 mulai bulan Desember hingga Desember 2021 saat ini.

Tiap pengendara yang mengendarai kendaraan bermotor dijalan raya harus kantongi Surat Ijin Berkendara sesuai tipe kendaraan bermotor yang dikendarai. Ketetapan berlaku untuk pengemudi yang tidak mempunyai SIM ditata dalam Pasal 281.

Penting untuk diperhatikan!
Artikel pada jadwal SIM Keliling wilayah Majalengka bisa saja terjadi perbedaan antara website dan di lapangan. Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi (selama pandemi covid-19). Apabila jadwal terbaru tidak tersedia, data akan mengambil dari jadwal sebelumnya.

Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling

Untuk melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi di kota Majalengka, anda dapat mengurusnya di gerai SIM keliling yang hadir di berbagai lokasi dengan waktu tertentu. Berikut kami berikan jadwal dan lokasi SIM keliling di Majalengka untuk bulan Desember 2021 :

  • Desa Sukahaji, mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB
  • Desa Jatitujuh, mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB
  • Alun-alun Desa Sukaraja Kecamatan Jatiwangi, mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB

Untuk hari pelaksanaannya akan kami update secara bertahap.

Syarat Perpanjang SIM

Pelayanan SIM Keliling di Majalengka hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C. Perpanjangan hanya dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis. Untuk pemohon SIM yang ingin mengurus perpanjang masa berlaku SIM diharapkan memenuhi persyaratan perpanjang SIM sebagai berikut :

  • e-KTP dan fotokopinya 2 lembar
  • SIM yang masih berlaku tidak melebihi masa berlaku
  • SIM lama
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter atau puskesmas terdekat, yang menyatakan bahwa pemilik SIM sehat jasmani, tidak buta warna, tidak tuli, serta visus mata/jarak pandang.
  • Mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM

Berkas-berkas diatas dapat langsung diserahkan di loket pelayanan SIM di kantor polisi terdekat atau di SIM keliling di Majalengka yang berlokasi di beberapa tempat.

Biaya Perpanjangan SIM

Adapun biaya perpanjangan SIM berdasarkan peraturan PP Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp 80.000,- untuk SIM A dan Rp. 75.000,- untuk SIM C.

Biaya lainnya adalah untuk tes kesehatan sebesar Rp 25.000,- dan tes psikologi sebesar Rp 50.000,- (tarif ini bisa berbeda-beda untuk setiap lokasi)

Cara dan Mekanisme Perpanjangan SIM

Adapun untuk prosedur perpanjangan SIM secara offline yakni harus mendatangi kantor Satpas terdekat dengan membawa beberapa dokumen sebagai persyaratan pengajuan perpanjang SIM serta membawa sejumlah biaya untuk administrasi. Berikut caranya :

  • Membawa semua dokumen perpanjangan SIM yang telah dipersiapkan
  • Ambil nomor antrian dan mengisi formulir permohonan sesuai dengan fakta lengkap
  • Menunggu Verifikasi data yang dilakukan oleh petugas
  • Membayar sejumlah biaya perpanjangan SIM
  • ​​​​​​​Sesi foto, sidik jari dan tanda tangan dan menunggu kembali hingga dipanggil oleh petugas
  • Dipanggil oleh petugas untuk pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan
  • Terakhir, anda tinggal menunggu proses percetakan SIM selesai dibuat

Alamat Kantor Satpas Majalengka

Bagi warga Majalengka, selain harus mengurus perpanjangan masa berlaku SIM juga diwajibkan membayar pajak dan perpanjang STNK yang dilakukan di kantor Satpas. Untuk alamat kantor Satpas berlokasi di Jl. Raya K H Abdul Halim No.518, Tonjong, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

Demikianlah informasi SIM Keliling Majalengka Terbaru, persyaratan perpanjang SIM dan prosedur perpanjang SIM yang mungkin bermanfaat bagi anda. Jadilah warga yang taat pada aturan pemerintah, jangan sampai telat mengurus SIM ya!

Jadwal terkait: jadwal SIM keliling bulan Nopember 2021 satlantas polres majalengka

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada 8 December 2021. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!