HOME

Panduan Lengkap Cara Membuat SIM Internasional

Ditulis pada tanggal 15 April 2024

Cara Membuat SIM Internasional – Mendapatkan pengalaman berkendara di luar negeri adalah impian banyak orang. Baik itu untuk tujuan bisnis, studi, atau liburan, mengeksplorasi tempat-tempat baru dengan kendaraan pribadi memang memiliki keasyikan tersendiri. Namun, sebelum merencanakan perjalanan tersebut, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting, salah satunya adalah memastikan kamu memiliki SIM Internasional yang sah.

Panduan Cara dan Ilustrasi Dalam Membaut SIM Internasional

Panduan Cara dan Ilustrasi Dalam Membaut SIM Internasional

SIM Internasional adalah dokumen resmi yang mengizinkanmu untuk mengemudi di negara-negara lain selain negara asalmu. Meskipun bukan persyaratan wajib untuk berkendara di luar negeri, namun memiliki SIM Internasional dapat membantu memudahkanmu dalam berbagai hal, seperti memperoleh asuransi kendaraan dan menghindari denda akibat pelanggaran lalu lintas. Jika kamu tertarik untuk mempelajari selengkapnya tentang cara membuat SIM Internasional dan mendapatkannya dengan mudah, maka artikel ini dapat membantumu.

Apa itu SIM Internasional?

Pernahkah kamu berpikir untuk melakukan perjalanan ke luar negeri? Pastinya ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat, salah satunya adalah SIM Internasional. Apa itu SIM Internasional? SIM Internasional adalah sebuah dokumen resmi yang mengizinkanmu untuk mengemudikan kendaraan di negara lain selain negara asalmu.

Penting untuk diperhatikan!
Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

Penting untuk dicatat bahwa SIM Internasional bukanlah SIM yang sama dengan yang kamu miliki di negara asalmu. SIM Internasional hanya bertindak sebagai terjemahan dari SIM asalmu dalam bahasa Inggris dan diakui di negara yang kamu tuju. Jadi, kamu masih perlu membawa SIM aslimu dan SIM Internasional ketika berkendara di negara lain.

Pembuatan SIM Internasional

Bagaimana cara membuat SIM Internasional? Ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti untuk mendapatkan SIM Internasional. Pertama, pastikan bahwa kamu memiliki SIM asli yang masih berlaku. SIM Internasional hanya dapat diterbitkan jika kamu memiliki SIM asli yang masih berlaku.

Kedua, kamu perlu mengunjungi kantor polisi setempat atau kantor Departemen Perhubungan untuk mengajukan permohonan SIM Internasional. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi organisasi internasional seperti AAA (American Automobile Association) atau AATA (Alliance Internationale de Tourisme) untuk mendapatkan SIM Internasional.

Dokumen untuk Membuat SIM Internasional

Selain SIM asli yang masih berlaku, kamu juga perlu tahu cara menyiapkan beberapa dokumen lainnya untuk membuat SIM Internasional. Dokumen yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Paspor yang masih berlaku
  • Foto ukuran paspor
  • Surat izin mengemudi asli
  • Surat keterangan dari kantor polisi setempat atau Departemen Perhubungan.

Pastikan kamu membawa dokumen-dokumen ini saat mengajukan permohonan SIM Internasional.

Biaya Pembuatan SIM Internasional

Berapa biaya untuk membuat SIM Internasional? Biaya untuk membuat SIM Internasional bervariasi tergantung pada negara yang kamu tuju dan tempat di mana kamu mengajukan permohonan. Biaya rata-rata untuk membuat SIM Internasional adalah sekitar $20 – $30. Pastikan untuk memeriksa biaya yang berlaku di negara tempat kamu tinggal dan negara tujuanmu.

Syarat Membuat SIM Internasional

Selain dokumen yang telah disebutkan di atas, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi serta cara untuk membuat SIM Internasional. Syarat-syarat ini bervariasi tergantung pada negara yang kamu tuju dan tempat di mana kamu mengajukan permohonan. Beberapa syarat yang umumnya diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal 18 tahun
  • SIM asli yang masih berlaku
  • Mampu membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  • Tidak memiliki catatan kriminal atau pelanggaran lalu lintas yang serius.
Baca juga :  Prosedur Perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling

Pastikan untuk memeriksa syarat-syarat yang berlaku di negara tempat kamu tinggal dan negara tujuanmu sebelum mengajukan permohonan.

Biaya Membuat SIM Internasional

Biaya pembuatan SIM Internasional dapat berbeda-beda tergantung pada negara yang menjadi tujuanmu dan juga kebijakan setiap negara terkait biaya pembuatan SIM Internasional. Sebagai contoh, biaya pembuatan SIM Internasional di Indonesia adalah sekitar 400 ribu hingga 1 juta rupiah tergantung dari instansi yang mengeluarkan SIM Internasional tersebut.

Sementara itu, biaya pembuatan SIM Internasional di negara lain seperti Amerika Serikat berkisar antara $20 hingga $30 dollar Amerika Serikat. Namun, terlepas dari biaya pembuatan SIM Internasional yang dibutuhkan, kamu juga perlu memperhitungkan biaya-biaya tambahan yang mungkin diperlukan, seperti biaya pengiriman dokumen, biaya konversi mata uang, dan biaya notarisasi dokumen. Pastikan kamu mengetahui semua biaya yang diperlukan sebelum memulai proses pembuatan SIM Internasional agar tidak terjadi kekurangan dana dan masalah keuangan di kemudian hari.

Selain biaya pembuatan SIM Internasional, kamu juga perlu memperhatikan biaya perpanjangan SIM Internasional. Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait masa berlaku SIM Internasional, namun umumnya SIM Internasional memiliki masa berlaku 1 hingga 3 tahun. Setelah masa berlaku habis, kamu perlu memperpanjang SIM Internasional jika ingin terus menggunakannya saat berkendara di luar negeri. Pastikan kamu mengetahui biaya perpanjangan SIM Internasional dan batas waktu perpanjangan sebelum masa berlaku SIM Internasional habis agar tidak terjadi pelanggaran dan masalah hukum di kemudian hari.

Cara Pembuatan SIM Internasional

Setelah kamu memenuhi semua persyaratan dan menyiapkan dokumen yang diperlukan, kamu siap untuk mengajukan permohonan untuk membuat SIM Internasional. Proses pembuatan SIM Internasional biasanya dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam, tergantung pada tempat di mana kamu mengajukan permohonan.

Proses pembuatan SIM Internasional terdiri dari beberapa langkah, yaitu:

  1. Mengisi formulir permohonan: Pada formulir permohonan, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, tanggal lahir, dan nomor SIM asli.
  2. Membayar biaya permohonan: Setelah mengisi formulir permohonan, kamu perlu membayar biaya permohonan. Biaya ini bervariasi tergantung pada negara yang kamu tuju dan tempat di mana kamu mengajukan permohonan.
  3. Verifikasi dokumen: Setelah membayar biaya permohonan, petugas akan memeriksa dokumen yang kamu siapkan. Pastikan semua dokumen yang diperlukan telah disiapkan dengan benar.
  4. Pengambilan foto dan tanda tangan: Setelah verifikasi dokumen selesai, kamu perlu mengambil foto dan menandatangani formulir permohonan.
  5. Pengambilan SIM Internasional: Setelah semua langkah selesai, kamu akan diberikan SIM Internasional yang valid selama satu tahun.

Lokasi Pembuatan SIM Internasional

Kamu dapat mengajukan permohonan untuk cara membuat SIM Internasional di kantor polisi setempat, kantor Departemen Perhubungan, atau organisasi internasional seperti AAA atau AATA. Pastikan untuk memeriksa lokasi yang tersedia di negara tempat kamu tinggal dan negara tujuanmu.

Durasi Pembuatan SIM Internasional

Proses pembuatan SIM Internasional biasanya dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam, tergantung pada tempat di mana kamu mengajukan permohonan. Namun, ada beberapa negara yang memerlukan waktu lebih lama untuk mengeluarkan SIM Internasional. Pastikan untuk memeriksa durasi yang dibutuhkan di negara tempat kamu tinggal dan negara tujuanmu.

Keuntungan Memiliki SIM Internasional

Mempunyai SIM Internasional memiliki banyak keuntungan. Beberapa keuntungan tersebut adalah:

  • Dapat mengemudikan kendaraan di negara lain: Dengan SIM Internasional, kamu diizinkan untuk mengemudikan kendaraan di negara lain selain negara asalmu.
  • Legalitas: SIM Internasional adalah dokumen resmi dan diakui di negara-negara yang telah menandatanganinya. Dengan memiliki SIM Internasional, kamu dapat menghindari sanksi atau denda karena mengemudikan kendaraan secara ilegal.
  • Mudah digunakan: SIM Internasional mudah digunakan karena hanya berfungsi sebagai terjemahan dari SIM aslimu dalam bahasa Inggris.
  • Tanda pengenal: SIM Internasional juga dapat berfungsi sebagai tanda pengenalmu di negara lain.
Baca juga :  Efek Perubahan Alamat Terhadap SIM

Cara Mendapatkan SIM Internasional

Untuk mendapatkan SIM Internasional, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Periksa persyaratan dan dokumen yang diperlukan: Pastikan kamu telah memeriksa persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM Internasional di negara tempat kamu tinggal dan negara tujuanmu.
  2. Siapkan dokumen yang diperlukan: Siapkan semua dokumen yang diperlukan cara untuk membuat SIM Internasional. Pastikan dokumen tersebut telah diisi dengan benar dan lengkap.
  3. Kunjungi kantor polisi setempat atau kantor Departemen Perhubungan: Kamu dapat mengajukan permohonan untuk membuat SIM Internasional di kantor polisi setempat atau kantor Departemen Perhubungan. Pastikan kamu telah mengetahui lokasi kantor yang tersedia di negara tempat kamu tinggal dan negara tujuanmu.
  4. Isi formulir permohonan: Isi formulir permohonan dengan benar dan lengkap. Pastikan kamu telah memasukkan informasi pribadi dengan benar dan nomor SIM aslimu.
  5. Bayar biaya permohonan: Setelah mengisi formulir permohonan, kamu perlu membayar biaya permohonan. Pastikan kamu membayar biaya sesuai dengan jumlah yang ditetapkan.
  6. Verifikasi dokumen: Setelah membayar biaya permohonan, petugas akan memeriksa dokumen yang kamu siapkan. Pastikan semua dokumen yang diperlukan telah disiapkan dengan benar.
  7. Ambil foto dan tanda tangan: Setelah verifikasi dokumen selesai, kamu perlu mengambil foto dan menandatangani formulir permohonan.
  8. Tunggu hingga SIM Internasional selesai diproses: Setelah semua langkah selesai, kamu perlu menunggu hingga SIM Internasional selesai diproses. Proses pembuatan SIM Internasional biasanya dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam, tergantung pada tempat di mana kamu mengajukan permohonan.

Cara Membuat SIM Internasional adalah proses yang penting jika kamu berencana untuk berkendara di negara lain selain negara asalmu. Dalam artikel ini, kamu telah mempelajari tentang apa itu SIM Internasional, dokumen dan persyaratan yang diperlukan, biaya dan durasi pembuatan SIM Internasional, serta keuntungan memiliki SIM Internasional. Selain itu, kamu juga telah mempelajari tentang cara mendapatkan SIM Internasional dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Dengan memiliki SIM Internasional, kamu dapat merasa lebih aman dan nyaman ketika berkendara di negara lain.

5 FAQ terkait pembuatan SIM Internasional

  • Pertanyaan: Apakah SIM Internasional dapat digunakan sebagai pengganti SIM lokal di negara asal?
    Jawaban: Tidak, SIM Internasional hanya berlaku sebagai tambahan dari SIM lokal yang kamu miliki. Jadi, kamu masih harus memastikan bahwa kamu memiliki SIM lokal yang valid dan sesuai dengan persyaratan di negara asalmu.
  • Pertanyaan: Bagaimana cara memperpanjang masa berlaku SIM Internasional?
    Jawaban: Cara memperpanjang masa berlaku SIM Internasional dapat berbeda-beda tergantung pada negara yang menjadi tujuanmu. Namun, umumnya kamu dapat memperpanjang masa berlaku SIM Internasional dengan menghubungi instansi yang mengeluarkan SIM Internasional tersebut dan mengikuti prosedur yang diberikan.
  • Pertanyaan: Apakah SIM Internasional dapat digunakan untuk berkendara di semua negara di dunia?
    Jawaban: Tidak, SIM Internasional hanya berlaku di negara-negara yang telah menandatangani Konvensi Wina 1968 mengenai Lalu Lintas Jalan Raya. Oleh karena itu, sebelum pergi ke suatu negara, pastikan kamu telah mengecek apakah negara tersebut telah menandatangani Konvensi Wina 1968 atau tidak.
  • Pertanyaan: Bagaimana jika saya kehilangan SIM Internasional saat sedang berada di luar negeri?
    Jawaban: Jika kamu kehilangan SIM Internasional saat sedang berada di luar negeri, segera laporkan kehilangan tersebut kepada instansi yang mengeluarkan SIM Internasional tersebut dan berusaha untuk mengurus pembuatan SIM Internasional baru di kantor perwakilan negara asalmu di negara yang kamu kunjungi.
  • Pertanyaan: Apakah saya perlu melakukan ujian tertulis atau ujian praktikum untuk mendapatkan SIM Internasional?
    Jawaban: Persyaratan untuk mendapatkan SIM Internasional dapat berbeda-beda tergantung pada negara yang menjadi tujuanmu. Namun, umumnya kamu tidak perlu melakukan ujian tertulis atau ujian praktikum lagi jika kamu telah memiliki SIM lokal yang valid. Kamu hanya perlu mengajukan permohonan pembuatan SIM Internasional dan mengikuti prosedur yang diberikan oleh instansi yang mengeluarkan SIM Internasional tersebut.

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada . Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!