HOME

Jadwal SIM Keliling Semarang Hari Ini Juni 2024

Ditulis pada tanggal 11 Juni 2024

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Semarang Juni 2024 – Hari ini telah dibuka kembali pelayanan oleh Polda Jateng tidak hanya pada siang hari tetapi juga dijadwalkan dan diselenggarakan juga pada malam hari (lebih tepatnya layanan SIM Keliling pada jadwal sore hingga malam hari). Hal ini dilaksanakan sebagai langkah dan upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Semarang untuk mempermudah mereka dalam melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Jadwal SIM Keliling Semarang Juni 2024

Jadwal SIM Keliling Semarang Juni 2024

 

Mengenai SIM Keliling Semarang Hari ini

Perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah suatu kewajiban bagi setiap pengemudi kendaraan bermotor. Dalam rangka mempermudah masyarakat untuk memperpanjang SIM mereka, kepolisian daerah Semarang telah mengadakan layanan SIM keliling. Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk memperpanjang SIM mereka tanpa harus datang ke kantor polisi.

Penting untuk diperhatikan!
Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

Layanan SIM keliling Semarang ini sangat membantu masyarakat yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk pergi ke kantor polisi. Selain itu, layanan ini juga memudahkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang jauh dari kantor polisi, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi.

Perlu diketahui bahwa layanan SIM keliling Semarang hanya untuk mengurus perpanjangan SIM A dan SIM C saja. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin membuat atau mengurus perpanjangan jenis SIM lainnya, seperti SIM B1 atau SIM B2, tetap harus datang ke kantor polisi. Namun, bagi pemegang SIM A dan SIM C yang ingin memperpanjang SIM mereka, layanan SIM keliling Semarang bisa menjadi alternatif yang praktis dan efisien.

Jadwal SIM Keliling Semarang Juni 2024

Berikut adalah jadwal layanan SIM keliling di Semarang :

  • Senin, di Pasar Karangjati Bergas, pukul 17.00-20.00 Wib
  • Selasa, di Pasar Tengaran, pukul 17.00-20.00 Wib
  • Rabu, di Pasar Lanang/ Stasiun Ambarawa, pukul 17.00-20.00 Wib
  • Kamis, di Kantor Kecamatan Sumowono, pukul 17.00-20.00 Wib
  • Jumat, di Pasar Suruh, pukul 17.00-20.00 Wib
  • Sabtu, di Kantor Kecamatan Pringapus, pukul 17.00-20.00 Wib
Baca juga :  Mengecek Data Pemilik Plat Nomor Kendaraan

Alternatif Lokasi SIM Corner di Semarang

Untuk anda yang jauh dengan sejumlah lokasi di atas bisa juga datang ke beberapa alternatif SIM COrner Semarang tempat di bawah ini :

  • PMI Bulu dilaksanakan pada 08:00 s/d 15:00 WIB
  • RS Pantiwiloso Citarum dilaksanakan pada 08:00 s/d 15:00 WIB
  • Depan Kantor Bulog Perdurungan dilaksanakan pada 08:00 s/d 15:00 WIB
  • SIM Corner Satlantas Polrestabes di kawasan Simpang Lima Semarang dilaksanakan 16:00 s/d 21:00 WIB

Untuk waktu pelaksanaan SIM Keliling Semarang yakni:

  • Pagi hingga sore mulai pukul 08:00 s/d 15:00
  • Sore hingga malam mulai pukul 16:00 s/d 21:00
SIM Keliling Semarang 2024

SIM Keliling Semarang 2024

Update lokasi tambahan untuk SIM Corner:

  • Jl Mgr Soegijapranata, Kec. Semarang Selatan, Semarang (depan PMI Bulu)
  • Jl Citarum, Mlatiharjo Kec. Semarang Timur, Semarang (depan RS Panti Wiloso Citarum)
  • Jl Majapahit, Palebon, Kec. Pedurungan, Semarang (depan Kantor Bulog Pedurungan)

Syarat Perpanjangan SIM di SIM Keliling

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperpanjang SIM melalui layanan SIM keliling Semarang antara lain:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SIM lama
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surut lolos tes psikologi
  • Membayar biaya administrasi

Persyaratan baik di SIM Keliling Semarang atau kabupaten lainnya sama dengan persyaratan perpanjangan SIM di kantor polisi. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir tentang persyaratan yang berbeda atau lebih sulit untuk memperpanjang SIM melalui layanan SIM keliling. Namun, jika terdapat persyaratan tambahan atau perubahan, kepolisian akan memberitahukannya kepada masyarakat melalui pengumuman resmi.

Biaya Perpanjangan SIM

Umumnya biaya perpanjangan SIM A lebih mahal daripada SIM C. Berikut adalah perkiraan biaya perpanjangan SIM A dan SIM C:

  • Perpanjangan SIM A: Rp 75.000
  • Perpanjangan SIM C: Rp 80.000

Perkiraan biaya tersebut hanya sebagai referensi dan belum termasuk biaya tes kesehatan dan psikologi, biaya dasar bisa saja terjadi perubahan harga sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pihak kepolisian.

Prosedur perpanjangan SIM

Warga mengunjungi pelayanan Bus SIM Keliling di Kota Semarang

Warga mengunjungi pelayanan Bus SIM Keliling di Kota Semarang

Prosedur perpanjangan SIM di layanan SIM keliling Semarang umumnya sama dengan prosedur perpanjangan SIM di kantor polisi. Berikut adalah beberapa tahapan prosedur perpanjangan SIM di SIM keliling:

  1. Membawa persyaratan yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, fotokopi SIM lama, surat keterangan sehat dari dokter, dan uang administrasi.
  2. Antri di lokasi layanan SIM keliling sesuai dengan nomor antrian yang diberikan.
  3. Memperlihatkan persyaratan yang dibutuhkan kepada petugas untuk dilakukan verifikasi.
  4. Melakukan tes kesehatan, seperti tes buta warna dan tes pendengaran, jika diperlukan.
  5. Melakukan foto dan tanda tangan.
  6. Menerima SIM hasil perpanjangan dari petugas.
Baca juga :  SAMSAT Keliling Semarang Hari Ini, Jadwal dan Lokasinya

Namun, karena layanan SIM keliling bersifat mobile dan dapat dilakukan di berbagai lokasi, beberapa tahapan prosedur bisa saja berbeda-beda tergantung dari lokasi dan situasi. Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya selalu memperhatikan petunjuk dari petugas di lokasi layanan SIM keliling untuk memastikan prosedur yang tepat.

Alamat Satpas SIM Semarang

Alamat Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di Semarang berada di Jl. Letjen Suprapto No.45, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137. Di Satpas ini, masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM maupun pembuatan SIM baru.

Untuk perpanjangan SIM, masyarakat dapat mengikuti prosedur yang telah ditentukan, yaitu membawa persyaratan yang dibutuhkan dan mengikuti tes kesehatan. Sedangkan untuk pembuatan SIM baru, masyarakat harus mengikuti ujian teori dan ujian praktek terlebih dahulu sebelum dapat mengambil SIM.

Berikut adalah jadwal jam buka Satpas SIM Semarang:

Hari Jam Buka
Senin 08.00 – 13.00
Selasa 08.00 – 13.00
Rabu 08.00 – 13.00
Kamis 08.00 – 13.00
Jumat 08.00 – 12.00, 13.00 – 14.30
Sabtu 08.00 – 11.00
Minggu Tutup

Jadwal jam buka dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pihak Satpas. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat selalu memperhatikan pengumuman resmi terkait jadwal jam buka dan persyaratan lainnya.

Demikian yang dapat kami informasikan untuk Layanan SIM Keliling Semarang 2024 yang telah dilaksanakan dibeberapa lokasi di Kota Semarang. Harapan dibukanya fasilitas SIM Online/ SIM Corner ini adalah agar masyarakat mampu menjangkau layanan dari pemerintah dengan lebih mudah.

Jadwal terkait: Bulupmi, Perpanjangan Sim Simpang Lima Semarang Kota Semarang Jawa Tengah, Sim Keliling Stadion Citarum Kota Semarang Jawa Tengah, jadwal sim keliling semarang hari sabtu, sim keliling pedurungan semarang, https://www jadwalsimkeliling info/search/perpanjangan-sim-malam-hari-semarang, https://www jadwalsimkeliling info/search/perpanjangan-sim-simpang-lima-semarang-kota-semarang-jawa-tengah, Perpanjangan sim keliling pedurungan Kota Semarang Jawa Tengah, https://www jadwalsimkeliling info/search/jadwal-sim-keliling-citarum-semarang, Sim Keliling Polrestabes Semarang - Srondol Kulon Kota Semarang Jawa Tengah

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada . Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!