HOME

Mengecek Data Pemilik Plat Nomor Kendaraan

Mengecek Data Pemilik Plat Nomor Kendaraan berkaitan jadwal terbaru perpanjangan SIM pada bulan Mei untuk wilayah Bali, Balikpapan, Bandung, Bogor, Cimahi, Informasi, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa TImur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan TImur, Pontianak, Samarinda, Semarang, Sulawesi, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta. Perhatian! hasil jadwal terlampir menggunakan data dari jadwal sebelumnya.

Nomor plat selama tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya digunakan sebagai nomor identitas kendaraan bermotor. Dimana akan selalu kita ditemui secara umum dimanapun kam berada di jalan dengan ciri-ciri sebagai plat nomor. Plat nomor kendaraan yang melintas selalu terdiri dari 3 jenis kode yang memiliki arti masing-masing. Seperti dilansir dari beberapa website yang membahas tentang apa saja arti dan kode wilayah untuk cek plat nomor pada kendaraan.

Melacak dan mengecek Plat Nomor Kendaraan

Dikutip dari wikipedia Pelat nomor adalah salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor. Pelat nomor juga disebut pelat registrasi kendaraan, atau di Amerika Serikat dikenal sebagai pelat izin. Bentuknya berupa potongan pelat logam atau plastik yang dipasang pada kendaraan bermotor sebagai identifikasi resmi.

Namun fokus kami disini adalah ingin berbagi tentang bagaimana cara melacak informasi plat nomor kendaraan atas siapa pemilik pelat no tersebut dan berapa pajaknya. Dengan mengecek plat nomor saja, kita dapat dengan mudah mencari tahu informasi tentang kendaraan itu yakni meliputi

  • Wilayah kendaraan itu terdaftar
  • Sub area wilayah kendaraan berasal
  • Tipe kendaraan motor atau mobil
  • Nilai pajak kendaraan

pada aplikasi tertentu dapat juga menampilkan informasi nama pemilik kendaraan dan juga detail lainnya seperti alamat pemilik, mobil atau motor tahun berapa, pembuatan tahun berapa, kapan kendaraan tersebut expired atau habis masa berlaku atas pajaknya.

Cek data plat nomor polisi pada kendaraan

Plat nomor atau disebut juga sebagai nomor registrasi polisi ini dapat membantu kita jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ataupun juga kita dapat melakukan pengecekan plat nomor mobil ataupun motor jika kita mungkin menemukan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Dengan melakukan cek plat nomor pada kendaraan, maka kita dapat berhasil mengetahui informasi mengenai kendaraan tersebut.

Cek Data Pajak Kendaraan Berbagai Daerah di Seluruh Indonesia

Apakah Pajak Kendaraan Anda Sudah Dibayar? Cek Pajak Kendaraan anda secara Online di sini, gratis. Begitulah memang adanya bahwa layanan ini sangat membantu masyarakat yang mungkin akan atau telah membeli motor bekas dan tidak tahu berapa pajaknya. Dengan mengecek dan melacak plat nomor kendaraan kita dapat dengan mudah mengetahui berapa nilai bayar pajak kendaraan secara online.

Cara cek plat nomor kendaraan via SMS

SMS via telepon juga dapat digunakan untuk melacak plat nomor pada kendaraan, tapi ada biaya untuk menggunakan fasilitas yang satu ini. Biasanya adalah berupa biaya SMS itu sendiri. Caranya cukup dengan mengikuti format SMS sesuai wilayah lokasi masing-masing.

Cara cek plat nomor kendaraan via SMS
Fitur ini (Cek data pemilik kendaraan via SMS) adalah layanan langsung dari SAMSAT yang beberapa diantaranya sampai dapat cek nomor rangka kendaraan online. Bebas kuota internet dan hanya saat melakukan pengecekan pemilik kendaraan saja akan dikenakan biaya sms (berbeda untuk setiap operator). Dimana saja daerah yang sudah mendukung layanan cek plat nomor via SMS ini tentunya dengan format sms yang sudah ditentukan. Untuk mengetahui data pemilik sepeda motor area cek plat nomor jateng, cek plat nomor jatim, cek plat nomor jawa barat, dan lacak pelat no Jakarta

Format SMS untuk Cek Plat Nomor via SMS

WilayahFormat SMS
Jawa TimurKETIK : JATIM <spasi> Nopol
Kirim Ke : 7070
Contoh : JATIM L3434DS
Jawa BaratKETIK : poldajbr <spasi> Nopol
Kirim Ke : 3977
Contoh: poldajbr D8967JL
DKI JakartaKETIK : METRO <spasi> Nopol
Kirim Ke : 1717
Contoh: METRO B1234UAC
Jawa TengahKETIK : JATENG <spasi> Nopol
Kirim Ke : 9600
Contoh: JATENG H7689D

Cara melacak plat nomor via Website

Cara melacak plat nomor via website

Untuk mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor dan anda ingin langsung mengecek ke dalam database plat nomor kendaraan, maka solusi mudah dan murah adalah dengan melakukan cara cek pemilik plat nomor kendaraan online yakni dapat dilakukan dengan membuka situs resmi dari SAMSAT. Dengan layanan samsat online via website kita dapat menemukan informasi yang cukup lengkap seperti nama pemilik, warna kendaraan, tahun produksi kendaraan dan lain sebagainya.

WilayahAlamat Website
Jawa Tengahhttp://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Bantenhttp://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/
Jakartahttps://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
Jawa Barathttps://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
Jawa Timurhttps://esamsat.jatimprov.go.id/
Acehhttp://esamsat.acehprov.go.id/
Yogyakartahttp://infonjkbdiy.com/

Cek Plat Nomor via Aplikasi

Salah satu solusi cara untuk mengetahui siapa pemilik kendaraan bermotor, mengetahui tahun dari plat nomor kendaraan adalah dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh masing-masing SAMSAT setempat sesuai provinsi atau kabupaten.

Cek Plat Nomor via Aplikasi iOS atau Android

Sebenarnya daftar aplikasi berikut ini hanya dikhususkan untuk pengecekan plat nomor saja secara umum, dan hanya menampilkan besaran nilai pajak kendaraan. Tetapi pada beberapa aplikasi ada juga pengecekan info pajak kendaraan dengan memasukkan plat no yang tertera pada STNK. Lacak plat nomor dengan aplikasi tersedia untuk Android dan iOS silahkan cari sesuai data berikut baik di google play store atau pun apps store.

WilayahAplikasi GooglePlay Store / iOS
Jawa TengahSAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa TimurE-SMART SAMSAT JATIM
Jawa BaratSAMBARA
JakartaCek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
YogyakartaPAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA
AcehPELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
RiauESamsat KEPRI
SULUTInfo Pajak Kendaraan Sulut
NTBSAMSAT DELIVERY
SULSELe-Dempo Samsat Online Sumsel
LampungInfo Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
SULSELeSamsat-Sulsel
KALUTeSAMSAT Kalimantan Utara
PontianakSamsat Pontianak
KALTENGRC POLDA KALIMANTAN TENGAH

Mengetahui Plat Kendaraan Melalui Pihak Berwewenang

Cara terakhir untuk mengetahui nama pemilik kendaraan bermotor baik motor, mobil, bus, truk, angkot adalah dengan secara langsung atau cek plat nomor offline ke samsat terdekat. Ini adalah satu-satunya cara terakhir yang dapat anda pakai untuk mengidentifikasi data informasi kendaraan bermotor.

Caranya adalah Anda dapat bertanya langsung ke samsat mengenai identitas plat nomer kendaraan dengan cara menghubungi samsat secara langsung. Nantinya anda perlu alasan mengapa memperlukan informasi mengenai identitas kendaraan tersebut. Ikuti apa yang dibutuhkan oleh samsat.

Note : Melacak mudah tanpa perlu ke kantor SAMSAT. Demikian Cara Melacak Plat Nomor Motor dan Mobil, silahkan tentukan pilihan anda bagaimana cara cek plat nomor kendaraan secara online.

  • Gunakan aplikasi cek plat nomor online jika anda memiliki ponsel
  • Jika HP anda jadul lebih santunnya bukan smart phone, anda bisa menggunakan cara melacak pemilik plat nomor dengan format SMS
  • Tidak punya Ponsel pintar dan atau tidak punya pulsa? SIlahkan menggunakan layanan cek plat nomor kendaraan secara online dengan mengunjungi situs resmi mengecek plat nomor via website.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang cara melacak plat nomor kendaraan. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman anda. Jika anda memiliki atau ingin mengetahui informasi pemilik serta berapa nilai pajak kendaraan anda silahkan langsung cek pada masing-masing layanan di atas sesuaikan dengan domisili kendaraan anda.

Sering dicari:

aplikasi melacak plat nomor, aplikasi nama pemilik kendaraan bermotor, cek kepemilikan dan alamat kendaraan bermotor, cek pemilik plat nomor kendaraan online, melacak plat nomor
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk jadwal terkini, silahkan lakukan cek secara berkala pada halaman utama website ini. Informasi ini akan diupdate kembali besok pada hari Selasa, 26 Mei 2020.