HOME

Jadwal SIM Keliling Mandalika Hari Ini

Ditulis pada tanggal 19 February 2024

Jadwal SIM Keliling Mandalika Februari 2024 – SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor di Indonesia. SIM diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di Kepolisian Republik Indonesia (Polri) setelah seorang pelamar berhasil lolos ujian dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus SIM, Polri mengadakan layanan SIM Keliling di berbagai daerah di Indonesia. Di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, layanan SIM Keliling juga disediakan oleh kepolisian setempat.

Jadwal dan lokasi SIM Keliling Mandalika Terbaru

Jadwal dan lokasi SIM Keliling Mandalika Terbaru

SIM Keliling Mandalika Hari Ini

Mandalika adalah salah satu kawasan wisata terpopuler di Indonesia yang terletak di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, Mandalika juga memiliki banyak destinasi wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Penting untuk diperhatikan!
Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

Bagi wisatawan yang ingin memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi), kini tak perlu lagi repot datang ke kantor Samsat (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap) yang terletak jauh dari tempat tinggal. Karena sekarang, SIM keliling mandalika menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan SIM secara lebih mudah dan efisien.

Jadwal SIM Keliling Mandalika

Jadwal layanan SIMLING di Mandalika dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dan kondisi yang ada. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat Mandalika untuk selalu memperhatikan informasi terbaru mengenai jadwal SIM Keliling.

Berikut adalah jadwal SIM Keliling Mandalika yang telah diumumkan oleh pihak kepolisian setempat:

  • Setiap hari Senin: di Kecamatan Pujut
  • Setiap hari Selasa: di Kecamatan Batukliang
  • Setiap hari Rabu: di Kecamatan Praya
  • Setiap hari Kamis: di Kecamatan Praya Barat
  • Setiap hari Jumat: di Kecamatan Pringgarata
  • Setiap hari Sabtu: di Kecamatan Janapria
  • Setiap hari Minggu: Libur

Setiap bulannya, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) mengatur jadwal SIM keliling di berbagai wilayah di Lombok, termasuk di Mandalika. Jadi, jika Anda ingin mengurus SIM, pastikan untuk mengetahui jadwal SIM keliling Mandalika terlebih dahulu agar bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Baca juga :  Jadwal SIM Keliling Lombok Febuari 2024

Berikut adalah jadwal SIM keliling Mandalika untuk bulan Februari 2024:

  • 4 Februari 2024: Lapangan Mangkung, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah
  • 11 Februari 2024: Kantor Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah
  • 18 Februari 2024: Kantor Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah
  • 25 Februari 2024: Kantor Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah

Setiap jadwal SIM keliling berlangsung mulai pukul 08.00 WITA hingga 12.00 WITA. Pastikan Anda tiba di lokasi sebelum waktu yang ditentukan untuk menghindari antrian panjang.

Persyaratan Pengurusan SIM keliling Mandalika

Untuk mengurus SIM di Mandalika, masyarakat harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  4. Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  5. Membayar biaya administrasi

Untuk pengurusan SIM baru, pelamar harus mengikuti ujian teori dan ujian praktik. Ujian teori dapat dilakukan di Kantor Satpas Mandalika sedangkan ujian praktik dilakukan di lapangan yang telah ditentukan. Setelah lulus ujian, pelamar akan mendapatkan SIM dengan masa berlaku selama 5 tahun.

Persyaratan Mengurus SIM di SIM Keliling Mandalika

Jika Anda ingin mengurus SIM di kantor Samsat Mandalika, pastikan Anda mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang berwarna merah
  2. Surat keterangan sehat dari dokter
  3. Surat izin mengemudi (SIM) yang sudah kadaluarsa (jika perpanjangan)
  4. Surat keterangan kehilangan (jika hilang)

Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Samsat Mandalika. Jika dokumen tidak lengkap, proses pengurusan SIM bisa tertunda atau bahkan ditolak.

Proses Pengurusan SIM di Kantor Samsat Mandalika

Setelah memenuhi persyaratan, langkah selanjutnya adalah mengikuti proses pengurusan SIM di kantor Samsat Mandalika. Berikut adalah prosedur yang harus dilakukan:

  1. Antri untuk verifikasi dokumen oleh petugas Samsat.
  2. Setelah dokumen diverifikasi, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan pas foto serta membayar biaya administrasi pengurusan SIM.
  3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengikuti tes kesehatan, tes teori, dan tes praktek. Tes kesehatan biasanya dilakukan di tempat yang telah ditentukan oleh Samsat Mandalika.
  4. Jika lolos tes kesehatan, tes teori, dan tes praktek, Anda akan mendapatkan SIM sesuai kategori yang Anda pilih.
Baca juga :  Jadwal SIM Keliling Tanjungpinang Hari Ini Febuari 2024

Biaya Pengurusan SIM di Kantor Samsat Mandalika

Biaya pengurusan SIM di kantor Samsat Mandalika sama seperti biaya pengurusan SIM di Samsat lainnya di Indonesia. Biaya tersebut tergantung pada jenis SIM yang akan diterbitkan. Berikut adalah biaya pengurusan SIM di kantor Samsat Mandalika:

  1. SIM A: Rp. 150.000
  2. SIM B1: Rp. 100.000
  3. SIM B2: Rp. 100.000
  4. SIM C: Rp. 75.000
  5. SIM D: Rp. 75.000
  6. SIM A Umum: Rp. 250.000
  7. SIM Internasional: Rp. 500.000

Lokasi dan Alamat Kantor Satpas Mandalika

Alamat Kantor Polisi Mandalika

Alamat Kantor Polisi Mandalika

Untuk mendapatkan SIM, Anda bisa datang ke lokasi SIM keliling Mandalika sesuai jadwal yang telah ditentukan. Namun, jika Anda ingin mengurus SIM di kantor Samsat Mandalika, berikut adalah alamat lengkapnya:

  • Nama: Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Mandalika
  • Alamat: Jl. By Pass Mandalika, Dusun Negeri Sepi, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
  • Nomor telepon: (0370) 6151999

Kantor Samsat Mandalika buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WITA hingga 14.00 WITA. Namun, jika ingin menghindari antrian panjang, sebaiknya datang di pagi hari sebelum jam 10.00 WITA.

Saran untuk Masyarakat Mandalika

Bagi masyarakat Mandalika yang ingin mengurus SIM, sebaiknya memperhatikan jadwal SIM Keliling yang telah diumumkan oleh kepolisian setempat. Hal ini akan membantu masyarakat dalam merencanakan waktu dan tempat pengurusan SIM yang lebih efektif dan efisien.

Selain itu, sebaiknya mempersiapkan semua persyaratan yang diperlukan sebelum melakukan pengurusan SIM. Hal ini akan memudahkan pelanggan dalam proses pengurusan SIM dan menghindari terjadinya kendala atau kesalahan dalam pengurusan SIM.

Terakhir, penting untuk mengikuti aturan lalu lintas dan mematuhi rambu-rambu yang ada demi keamanan dan keselamatan bersama di jalan raya. Polisi Lalu Lintas bertugas untuk memastikan keamanan dan keselamatan di jalan raya, namun masyarakat juga harus berperan aktif dalam menjaga keselamatan di jalan raya dengan menjadi pengendara yang baik dan taat aturan.

Demikian informasi mengenai jadwal SIM Keliling Mandalika dan alamat Kantor Satpas Mandalika. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Mandalika dalam mengurus SIM dan menjaga keselamatan di jalan raya.

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada . Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!