HOME

Jadwal SIM Keliling Dumai Hari Ini

Ditulis pada tanggal 27 November 2023

Jadwal dan lokasi SIM Keliling Dumai November 2023 – SIM keliling merupakan program layanan pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diadakan di luar kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas). Program ini sangat membantu masyarakat yang kesulitan untuk datang langsung ke kantor Satpas karena jarak atau kesibukan. Untuk wilayah Dumai, program SIM keliling ini diselenggarakan secara rutin setiap bulannya.

Layanan Satpas SIM Keliling Dumai Terbaru

Layanan Satpas SIM Keliling Dumai Terbaru

Tentang SIM Keliling Dumai Hari Ini

Layanan SIM Keliling Dumai merupakan solusi yang sangat efektif bagi masyarakat yang sibuk atau memiliki keterbatasan waktu dan kesulitan untuk datang ke kantor Satpas Dumai dalam melakukan perpanjangan SIM. Dengan layanan ini, masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM dengan mudah dan cepat tanpa harus menunggu antrian yang panjang di kantor Satpas. Selain itu, dengan mengunjungi layanan SIM Keliling Dumai, masyarakat juga dapat menghindari kemacetan dan biaya transportasi yang cukup tinggi.

Layanan SIM Keliling menawarkan kemudahan yang luar biasa bagi masyarakat, di mana mereka tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor Satpas. Para petugas SIM Keliling Dumai akan membantu masyarakat dalam melakukan perpanjangan SIM dengan cepat dan efektif. Selain itu, para petugas SIM Keliling Dumai juga akan memberikan informasi terkait syarat dan prosedur perpanjangan SIM serta menjawab segala pertanyaan yang berkaitan dengan SIM. Dengan demikian, masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM dengan tenang dan nyaman, tanpa perlu khawatir tentang masalah teknis dan administratif.

Penting untuk diperhatikan!
Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

Jadwal SIM Keliling Dumai November 2023

Berikut adalah jadwal terbaru untuk layanan SIM keliling di wilayah Dumai:

NoHariWaktuTempat
1Senin08.00-12.00Satpas Dumai
2Selasa08.00-12.00Satpas Dumai
3Rabu08.00-12.00Satpas Dumai
4Kamis08.00-12.00Satpas Dumai
5Jumat08.00-12.00Satpas Dumai
6Sabtu08.00-12.00Satpas Dumai
7Minggu08.00-12.00Libur

Jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, jadi disarankan untuk selalu memantau informasi terbaru sebelum datang ke lokasi layanan SIM keliling.

Syarat Perpanjangan SIM

Untuk melakukan perpanjangan SIM di layanan SIM keliling Dumai, syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon adalah sebagai berikut:

  1. Sudah memiliki SIM yang akan diperpanjang, dengan masa berlaku yang akan segera habis atau sudah habis.
  2. Melampirkan dokumen asli dan fotokopi:
    • KTP atau identitas lain yang masih berlaku.
    • SIM yang akan diperpanjang.
  3. Biaya perpanjangan SIM.
Baca juga :  Jadwal SIM Keliling Mataram NTB November 2023

Prosedur perpanjang SIM

Berikut adalah prosedur perpanjang SIM di layanan SIM keliling:

  1. Pemohon datang ke lokasi layanan SIM keliling pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.
  2. Pemohon mengambil nomor antrian dan menunggu panggilan petugas.
  3. Pemohon menyerahkan dokumen yang diminta beserta biaya perpanjangan SIM.
  4. Petugas memeriksa dokumen dan melakukan verifikasi data pemohon.
  5. Petugas mengambil foto dan sidik jari pemohon.
  6. Petugas mencetak SIM yang sudah diperpanjang dan menyerahkannya kepada pemohon.

Biaya Perpanjangan SIM

Perpanjangan SIM adalah suatu proses administratif yang penting bagi setiap pemilik SIM. Saat masa berlaku SIM habis, pemilik SIM harus segera melakukan perpanjangan untuk mendapatkan SIM baru yang memiliki masa berlaku yang lebih panjang. Namun, selain persyaratan dan prosedur perpanjangan SIM, penting bagi pemohon untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam proses perpanjangan SIM.

Biaya perpanjangan SIM tergantung pada jenis SIM yang dimiliki dan masa berlaku yang diperpanjang. Untuk SIM A dan SIM C, biaya perpanjangannya adalah sebesar Rp. 75.000,- untuk perpanjangan 5 tahun dan Rp. 150.000,- untuk perpanjangan 10 tahun. Sedangkan untuk SIM B1 dan SIM B2, biaya perpanjangannya adalah sebesar Rp. 100.000,- untuk perpanjangan 5 tahun dan Rp. 200.000,- untuk perpanjangan 10 tahun. (red: SIM Keliling Dumai)

Selain biaya perpanjangan SIM, pemohon juga perlu membayar biaya administrasi yang berbeda-beda tergantung pada daerah dan jenis SIM yang dimiliki. Di beberapa daerah, biaya administrasi dapat mencapai Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,-. Selain itu, pemohon juga perlu membayar biaya ujian praktek dan teori jika masa berlaku SIM habis lebih dari 1 tahun. Biaya ujian praktek sebesar Rp. 75.000,-, sedangkan biaya ujian teori sebesar Rp. 25.000,-.

Alamat Satpas Dumai

Untuk layanan pembuatan SIM di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Dumai, berikut adalah alamat lengkapnya Nama Satpas: Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Dumai Alamat: Jalan Jend. Sudirman No. 01, Buluh Kasap, Dumai Timur, Buluh Kasap, Kec. Dumai Tim., Kota Dumai, Riau 28813. Nomor telepon (0765) 31007.

Satpas Dumai buka setiap hari kerja, mulai Senin hingga Jumat pada jam 08.00-16.00 WIB. Untuk layanan perpanjangan SIM di kantor Satpas, pemohon bisa datang langsung ke kantor Satpas pada waktu tersebut dengan membawa dokumen yang diperlukan dan biaya perpanjangan.

Namun, untuk masyarakat yang kesulitan datang ke kantor Satpas Dumai, layanan SIM keliling dapat menjadi alternatif yang lebih mudah dan praktis. Dengan adanya layanan SIM keliling, masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM tanpa harus datang ke kantor Satpas. Namun, disarankan untuk selalu memantau informasi terbaru mengenai jadwal layanan SIM keliling dan persyaratan yang diperlukan agar proses perpanjangan SIM berjalan lancar.

Baca juga :  Jadwal SIM Keliling Mandalika Hari Ini

Samsat Dumai adalah tempat pelayanan administrasi kendaraan bermotor di Dumai. Jika Anda ingin menuju ke Samsat Dumai, berikut adalah beberapa rute yang dapat Anda pilih:

Rute dari pusat kota Dumai

  • Jika Anda berada di pusat kota Dumai, Anda dapat menuju ke Jalan Sudirman dan terus berjalan hingga mencapai Jalan H. Asnawi.
  • Belok kanan di Jalan H. Asnawi dan terus lurus hingga Anda mencapai Jalan Sultan Syarif Kasim.
  • Belok kiri di Jalan Sultan Syarif Kasim dan terus lurus hingga Anda tiba di Samsat Dumai.

Rute dari Bandara Pinang Kampai

  • Jika Anda tiba di Bandara Pinang Kampai, Anda dapat mengambil jalan tol Dumai-Pekanbaru.
  • Ikuti jalan tol tersebut hingga keluar di gerbang tol Dumai.
  • Setelah keluar dari gerbang tol, belok kanan di Jalan Lintas Dumai – Rengat dan terus lurus hingga Anda mencapai Jalan Sultan Syarif Kasim.
  • Belok kanan di Jalan Sultan Syarif Kasim dan terus lurus hingga Anda tiba di Samsat Dumai.

Rute dari Pelabuhan Dumai

  • Jika Anda tiba di Pelabuhan Dumai, keluar dari pelabuhan dan belok kanan di Jalan Lintas Sumatera.
  • Terus lurus hingga Anda mencapai Jalan Sudirman.
  • Belok kiri di Jalan Sudirman dan terus lurus hingga Anda mencapai Jalan H. Asnawi.
  • Belok kanan di Jalan H. Asnawi dan terus lurus hingga Anda tiba di Jalan Sultan Syarif Kasim.
  • Belok kiri di Jalan Sultan Syarif Kasim dan terus lurus hingga Anda tiba di Samsat Dumai.

Pastikan untuk selalu memperhatikan tanda-tanda dan rambu-rambu lalu lintas saat berkendara dan menggunakan aplikasi navigasi atau peta untuk membantu Anda dalam menentukan rute yang tepat.

Dalam melakukan perpanjangan SIM, penting bagi pemohon untuk memperhatikan masa berlaku SIM dan melakukan perpanjangan sebelum masa berlaku habis. Hal ini akan membantu pemohon untuk menghindari sanksi atau denda yang mungkin dikenakan jika SIM telah habis masa berlakunya.

Demikianlah informasi mengenai jadwal SIM keliling Dumai, syarat dan prosedur perpanjangan SIM, serta alamat Satpas Dumai. Dengan memperhatikan informasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat melakukan perpanjangan SIM dengan mudah dan lancar, serta tetap mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada 30 November 2023. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!