HOME

Jam Buka Pelayanan SIM Polres Sleman

Ditulis pada tanggal 15 Juli 2024

Jam Buka Pelayanan SIM Polres Sleman ~ Bagi pemilik kendaraan bermotor, perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu tugas rutin yang harus dilakukan. Khususnya bagi pemilik kendaraan yang terdaftar di wilayah Sleman, Polres Sleman menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi untuk memperpanjang SIM. Namun, sebelum melakukan perpanjangan, ada baiknya memahami tentang Jam Buka Pelayanan SIM Polres Sleman, jenis layanan yang tersedia, persyaratan yang harus dipenuhi, serta proses pembuatan SIM.

 Buka Pelayanan SIM Polres Sleman

Buka Pelayanan SIM Polres Sleman

Profil Tentang Polres Sleman

Polres Sleman merupakan institusi keamanan yang bertanggung jawab atas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sleman. Polres Sleman berada di Jalan Magelang KM.7, Karangwuni, Triharjo, Sleman, DI Yogyakarta. Polres Sleman telah mendapatkan berbagai penghargaan, seperti penghargaan dari Korlantas Polri sebagai Polres Berkinerja Terbaik dalam Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan SIM pada tahun 2024. Polres Sleman juga mendapatkan penghargaan dari Mabes Polri sebagai Polres Pelopor Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan pada tahun 2024.

Jam Buka Pelayanan SIM Polres Sleman

Pelayanan SIM di Polres Sleman buka setiap hari kerja mulai pukul 08:00 hingga 14:00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu pelayanan dibuka mulai pukul 08:00 hingga 11:00 WIB. Hari Minggu dan hari libur nasional ditutup, jadi pastikan kamu datang ke Polres Sleman pada hari kerja atau Sabtu. Namun, jam buka bisa saja berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pastikan kamu memperhatikan informasi terbaru tentang jam buka yang disampaikan oleh pihak kepolisian.

Penting untuk diperhatikan!
Untuk menghindari missleading informasi, pemohon wajib melakukan konfirmasi dahulu secara pribadi ke polres setempat sesuai lokasi dimana akan mengurus administratif perpanjangan SIM. Selanjutnya, wajib memahami setuju dengan TOS website sebelum melanjutkan.

Baca juga :  Cara Ubah Data Alamat Domisili di SIM

Jenis Layanan SIM yang Tersedia di Polres Sleman

Di Polres Sleman, terdapat tiga jenis SIM yang bisa diurus, yaitu SIM A, SIM B, dan SIM C. SIM A cocok untuk pemilik kendaraan roda empat dan kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Sedangkan SIM B cocok untuk pemilik kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc. Terakhir, SIM C adalah jenis SIM yang diperuntukkan bagi pemilik kendaraan roda dua.

Persyaratan Membuat SIM di Polres Sleman

Untuk membuat SIM di Polres Sleman, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama-tama, kamu harus memiliki KTP asli dan fotokopi KTP yang masih berlaku. Selanjutnya, kamu perlu membawa fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan bermotor yang kamu miliki. Jangan lupa membawa pas foto berukuran 3×4 cm dan biaya yang harus dibayarkan.

Proses Pembuatan SIM di Polres Sleman

Setelah memenuhi persyaratan, langkah selanjutnya adalah mengambil nomor antrian di loket pelayanan SIM. Setelah nomor antrianmu dipanggil, kamu akan diminta mengikuti tahapan lain seperti pengambilan foto, sidik jari, tes psikologi, dan ujian teori keamanan berkendara. Setelah seluruh tahapan selesai, kamu akan diberikan tanda bukti pengambilan SIM dan akan diminta untuk mengambil SIM asli pada waktu yang telah ditentukan.

Tips Mengurus SIM di Polres Sleman

Agar proses pengurusan SIM di Polres Sleman berjalan dengan lancar dan cepat, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Pertama, datanglah ke Polres Sleman pada jam buka pelayanan yang tepat dan pastikan kamu membawa semua persyaratan yang diperlukan. Kedua, datanglah tepat waktu atau bahkan bisa datang beberapa menit sebelum jam buka, sehingga kamu bisa mendapatkan nomor antrian terdepan. Terakhir, hindari datang ke Polres Sleman pada hari yang sama dengan masa berakhirnya SIM, sebab kepadatan pengunjung biasanya meningkat pada hari-hari tersebut.

Baca juga :  Mengecek Data Pemilik Plat Nomor Kendaraan

Pelayanan Online SIM di Polres Sleman

Selain mengunjungi loket pelayanan SIM di Polres Sleman, kamu juga bisa menggunakan layanan online untuk memperpanjang SIM. Layanan online ini disebut dengan SIM Online yang bisa diakses melalui website resmi kepolisian di https://sim.korlantas.polri.go.id. Layanan ini memungkinkan kamu untuk memperpanjang SIM tanpa perlu datang ke loket pelayanan dan hasilnya akan dikirimkan melalui pos.

Pengalaman Mengurus SIM di Polres Sleman

Mengantri merupakan pengalaman yang tak bisa dihindari jika ingin membuat atau memperpanjang SIM di Polres Sleman. Namun, jika kamu datang tepat waktu dan memenuhi persyaratan dengan lengkap, proses pengurusan SIM dapat berjalan dengan cepat dan lancar. Jangan lupa untuk membawa uang pas dan menyiapkan diri dengan saat-saat menunggu yang lumayan lama.

Jam Buka Pelayanan SIM Polres Sleman memang cukup singkat, namun dengan persiapan yang matang, kamu tetap bisa memperpanjang SIM dengan mudah dan cepat. Selain itu, dengan hadirnya layanan online, kamu juga bisa memperpanjang SIM tanpa perlu antri di loket pelayanan. Jadi, pastikan kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum datang ke Polres Sleman dan jangan lupa, utamakan keselamatan dalam setiap perjalananmu.

Jadwal terkait: https://www jadwalsimkeliling info/pelayanan-sim-polres-sleman html

Silahkan mengecek update kami secara berkala, karena jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Cek jadwal sim terkini di halaman utama jadwalsimkeliling.info. Informasi selanjutnya kami update pada 18 Juli 2024. Apabila terdapat ketidakvalidan informasi, anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak yang tersedia.

Penulis : Rafi Gunawan
Editor : Rafi Gunawan
error: Alert: Content is protected !!